Tahun Ini, Nilai SAKIP 14 OPD Pemko Pekanbaru Turun


PEKANBARU- Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT menyebutkan, di 2020 ini terdapat sebanyak 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengalami penurunan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

"Dari 45 OPD termasuk kecamatan, masih ada yang turun nilainya sekitar 14 (OPD). Walaupun turunnya sedikit, tapi kita rugikan? Karena mestinya harus naik," ujar walikota, usai memimpin rapat evaluasi SAKIP tahun 2020, bertempat di aula lantai 6 perkantoran terpadu di Tenayan Raya, Selasa (29/12/2020).

Namun di 31 OPD lainnya, disampaikan walikota terjadi kenaikan nilai SAKIP. Sehingga nilai SAKIP Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pun diperkirakan ikut naik dari CC di 2019 lalu menjadi B di tahun ini.

Meski nilai SAKIP tersebut naik, akan tetapi dikatakan walikota jika kenaikan dari CC ke B itu tetap belum sesuai dengan yang diharapkan.

"Sekalipun naik, tapi belum signifikan sesuai yang diharapkan. Karena di 2018 kita dapat nilai C, 2019 naik ke CC dan tahun ini diperkirakan naik ke B. Sedangkan target kita mendapat nilai A di 2020 ini," ucapnya.

Untuk itu, walikota berharap seluruh OPD meningkatkan kinerja dan lebih disiplin lagi di dalam perencanaan kegiatan, pelaksanaan hingga pengawasan dan pelaporan dari kegiatan yang dilakukan.

"Harapan kita di tahun depan (2021), setelah ada perbaikan dan mendapat bimbingan langsung dari kementerian teknis, nilai SAKIP bisa terus naik," harapnya.

"Karena SAKIP ini lebih kepada disiplin dalam literasi, mencatat, melaporkan semua aktivitas. Kalau sekarang, kenaikan yang terjadi dari CC ke B, ini belum sesuai harapan, karena kita ada potensi (untuk nilai lebih baik)," tutup walikota menambahkan.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar