Pemko Pekanbaru dan LPPM Unilak Kerjasama Pengembangan Bank Sampah

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, saat audiensi dengan LPPM Unilak.

PEKANBARU- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, tahun ini menjalin kerjasama pengembangan bank sampah dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lancang Kuning (Unilak).

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, mengapresiasi kerjasama yang akan mengedepankan edukasi guna menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat tersebut.

"Jadi kerjasama yang terjalin tahun ini dalam bentuk pengembangan bank sampah di Rumbai," ungkapnya, usai audiensi dengan LPPM Unilak, Selasa (2/2/2021).

Pemerintah kota, kata walikota, sangat berkomitmen dalam upaya mengelola sampah domestik menjadi barang bernilai ekonomis. Untuk itu perlu adanya edukasi dari kalangan akademisi.

"Sampah sebenarnya bisa diolah menjadi barang bernilai ekonomis, maka setiap rumah tangga bisa memilah sampah domestik," ucapnya.

Sejauh ini, terang walikota, pemerintah kota melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) juga sudah bekerjasama dengan Remaja Masjid dalam pengelolaan bank sampah. Kini, sudah terdapat 120 bank sampah dari kerjasama itu.

"Di sekolah baik SD dan SMP jumlahnya juga 100 bank sampah. Lalu akan terus bertambah, maka dilakukan edukasi dalam membina pengelola bank sampah," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Pengabdian LPPM Unilak Jeni Wardi berharap sinergi antara Unilak dengan Pemerintah Kota Pekanbaru semakin erat. Apalagi kerjasama terkait kegiatan bank sampah terus berlanjut.

Mereka dari kalangan akademisi siap berkontribusi lewat pengabdian masyarakat. Pihaknya sudah mengelola bank sampah di Rumbai.

"Ini tindak lanjut peluncuran bank sampah di Rumbai beberapa waktu lalu," ungkap dia.

Nantinya, papar Jeni Wardi, LPPM Unilak akan membantu mengelola dan memberi pendampingan dalam pengelokaan bank sampah yang ada di Kota Pekanbaru.

Saat ini, lanjut dia, sudah ada empat distrik bank sampah di bawah pengelolaan Unilak di antaranya bank sampah Berkah Abadi, bank sampah di Minas, Siak dan Duri.

"Jadi kita berupaya agar pengelolaannya ditingkatkan, apalagi masalah sampah ini masalah kita bersama. Untuk itu, kita akan berupaya mengoptimalkan bank sampah membantu permasalahan sampah di kota," tutupnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar