Capaian Target Vaksin Lansia Masih 33 Persen, Pekanbaru Kembali Lanjutkan PPKM Level II


PEKANBARU- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level II. Perpanjangan ini berlangsung hingga 8 November 2021.

Ini merupakan ketiga kalinya Kota Pekanbaru berada di level II PPKM. Kota Pekanbaru belum mampu turun level PPKM akibat beberapa indikator belum terpenuhi. 

"Hari ini kita telah menjalani PPKM level II tahap III. Siang nanti kita akan rapat evaluasi apa kelemahan kita," kata Walikota Pekanbaru Firdaus, Selasa (19/10). 

Pemerintah kota bakal membahas kelemahan dan capaian selama PPKM level II tahap II kemarin. Salah satunya terkait belum tercapainya target vaksinasi lanjut usia (Lansia) dan pelacakan kontak erat (tracing). 

Capaian vaksinasi bagi lansia masih rendah. Capaian vaksinasi covid-19 bagi lansia di Kota Pekanbaru saat ini baru 33 persen.

Tim Vaksinasi Covid-19 Kota Pekanbaru harus menyuntik vaksin kepada 60 persen lansia di Kota Pekanbaru agar bisa masuk indikator PPKM level I. 

Padahal total lansia yang mesti mendapat suntikan vaksin mencapai 70.384 orang.
Ada sekitar 23.226 orang lansia yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama.

"Secara umum untuk capaian vaksinasi kita sudah sampai batasnya 70 persen. Persoalan kita di lansia dan kontak erat yang belum tercapai," terangnya. 

Pemerintah kota juga berupaya mengantisipasi terjadinya gelombang susulan. Ia tidak ingin kasus positif Covid-19 kembali meningkat seperti di negara Malaysia, Singapur, dan Filipina. 

Firdaus menambahkan, saat ini kasus sudah mulai melandai, pemerintah kota juga berupaya menggerakkan perekonomian masyarakat. Ia juga melihat banyak pelaku usaha dan warga yang mulai abai dalam menjalankan prokes. 

"Banyak yang abai. Walaupun melalui Satgas sudah kita ingatkan, tetapi dibelakang Satgas abai lagi. Ini tidak boleh, ini berbahaya," tutupnya***

 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar