Berlangsung Selama Dua Pekan, Pekanbaru Turun ke PPKM Level 1

Internet

PEKANBARU- Kota Pekanbaru akhirnya turun ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Ada dua kabupaten/kota di Provinsi Riau yang dinyatakan berada pada PPKM level 1. Satu Kota Lainnya adalah Kota Dumai.

Ketetapan itu sesuai dengan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 61 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian dan Penyebaran Covid-19 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Menyikapi Inmendagri tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan Forkopimda akan melakukan rapat bersama terkait implementasi PPKM Level 1 tersebut.

"Iya, sesuai Inmendagri, Pekanbaru sudah ditetapkan turun ke PPKM Level 1," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Chandra, Selasa (23/11).

Penerapan PPKM Level 1 itu berlangsung sejak Selasa, 23 November hingga Senin 6 Desember 2021 mendatang

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengajak masyarakat untuk tidak berbangga hati dengan penurunan status PPKM tersebut. Sebab sebagai tantangan untuk menekan sebaran dan menahan laju kenaikan kasus covid-19. 

"Ini tantangan kita kedepan untuk merapatkan barisan untuk penanganan covid-19," ujar Kepala BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra usai memimpin rapat evaluasi PPKM, Selasa (23/11), siang.

Menurutnya, pemerintah kota tetap masih menggesa vaksinasi covid-19. Satgas melalui Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru melakukan percepatan vaksinasi. 

"Lebih menggesa pelaksanaan vaksinasi. Khususnya target kita warga lanjut usia (Lansia)," ungkapnya. 

Ia menilai jumlah sebaran kasus Covid-19 cenderung menurun. Bahkan sempat beberapa hari tambahan kasus harian nihil. Namun, Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru tetap melakukan pengawasan Protokol Kesehatan khususnya di tempat keramaian. 

"Kami imbau masyarakat tetap waspada. Karena kita harus mengantisipasi dari hal yang terkecil," tutupnya.***
 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar