Kecamatan Kepenuhan dan Tandun Dilanda Banjir, BPBD Riau Dirikan Posko Bantuan

MCR

PEKANBARU - Kecamatan Kepenuhan dan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau terendam banjir. Tinggi banjir  setinggi lutut orang dewasa. 

Informasi demikian diutarakan Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal, Selasa (28/12/2021).

"Banjir Rohul sebagai wilayah sudah surut, seperti di kota Pasir Pangaraian dan Rambah sudah dibersihkan sampah dan lumpur-lumpurnya. Tapi laporan hari ini ada dua kecamatan yakni Kepenuhan dan Tandun terendam banjir setinggi lutut," katanya. 

Atas kondisi itu, lanjut Edy Afrizal, pihaknya sudah mendirikan posko bantuan korban banjir di dua kecamatan tersebut. Namun, sejauh ini belum ada warga yang mengungsi. Saat ini pihaknya masih menghimpun data jumlah warga yang terdampak banjir itu. 

"Tenda pengungsian belum ada. Kalau posko bantuan dan dapur umum sudah kita dirikan," sebutnya. 

Edy Afrizal menyampaikan, banjir di Rohul disebabkan naiknya sungai setempat ke permukaan. Hal ini karena tingginya intensitas curah hujan di hulu. 

"Curah hujan di hulu tinggi, makanya air permukaan sungai naik dan menggenangi pemukiman warga. Kita perkirakan, kemungkinan di daerah Bonai Darussalam. Karena bergeser terus dari mulai Pasir Pangaraian, Rambah, Kepenuhan dan Tandun, bisa saja beberapa hari lagi muaranya ke Bonai," paparnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar