Solidaritas di Hari Kanker 2022, TP-PKK Pelalawan dan IWARA Kunjungi Penyintas


PELALAWAN - Memperingati Hari Kanker Sedunia, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pelalawan dan Ikatan Wanita Riau Andalan (IWARA) mengunjungi pasien kanker di desa Lalang Kabung, Kabupaten Pelalawan, Jum’at (4/2/2022).

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan, Prima Merdekawati mengatakan Kegiatan ini merupakan sinergi Jumat Berbagi (Jumba) IWARA dengan program Sedekah Jum’at yang diinisiasi oleh Ketua TP PKK Pelalawan, Sella Pitaloka.

“Saya mengapresiasi IWARA atas program baik ini, adanya dukungan penuh dari keluarga dan orang-orang terdekat sangat penting bagi seorang penderita kanker dalam perjuangan mengalahkan penyakitnya,” ujar Prima.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan, dr Andam Dewi mengatakan belum adanya penyebab pasti kanker yang diketahui. Namun, ia memberikan edukasi pentingnya mengetahui faktor risiko penyakit tersebut.

“Penyebab pastinya (kanker.red) memang belum diketahui, tapi kita harus tahu faktor risiko penyebab terjadinya kanker, salah satunya pola hidup tidak sehat dan pengaruh lingkungan,” jelasnya.

Penasehat IWARA, Diana Sinulingga, mengatakan kegiatan Jum’at Berbagi oleh IWARA telah dilaksanakan sejak tahun 2017 lalu.

“Kami para istri karyawan RAPP menyisihkan sebagian rejeki setiap hari Jum’at untuk berbagi dengan saudara yang membutuhkan di sekitar kita. Bentuk bantuan yang diberikan secara rutin adalah sembako,“ ucap Diana yang juga merupakan istri Chief Operation Officer (COO) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Eduward Ginting.

Aisyah (56) salah satu penyintas kanker payudara metastasis dari Desa Lalang Kabung merasa terharu mendapat kunjungan dan dukungan dari IWARA dan PKK Pelalawan. Ia dan keluarga terlihat antusias dan bersemangat ketika berbincang dengan ibu-ibu PKK dan anggota IWARA.

Selain mengunjungi Aisyah, rombongan IWARA dan PKK Pelalawan juga mengunjungi rumah sejumlah penderita kanker lainnya di SP8 dan SP9 sekaligus membagikan paket sembako kepada warga lanjut usia (lansia). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala desa Lalang Kabung, Ahmad Ritonga, Ketua Umum IWARA, Yanti Mabrur, beserta pegawai Dinas Kesehatan, Puskesmas dan Bidan Desa serta anggota lainnya.

Hari Kanker diperingati sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran terhadap upaya pencegahan kanker dengan menjalani pola hidup sehat dan seimbang. Kegiatan bersama IWARA Dan PKK Pelalawan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa kanker bisa dicegah dan diobati serta bentuk solidaritas dan dukungan terhadap penderita kanker dan penyintas kanker.

Sebagai informasi, pengetahuan dan kesadaran akan kanker menjadi sangat penting di era saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, setidaknya ada 8,1 juta kasus baru yang didiagnosis pada 1990, 10 juta pada 2020, 12,4 juta pada 2008, dan 14,1 juta pada 2021.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar