Disdik Riau Rampungkan Server dan Aplikasi PPDB

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol

PEKANBARU - Untuk mengantisiapsi terjadinya kembali keterlambatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi Riau, bersama Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Riau telah menyiapkan server untuk PPDB tahun 2022. 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol mengatakan, bahwa pihaknya juga mendapat dukungan dari Kementerian Kominfo berupa aplikasi untuk menampung data PPDB agar tidak terjadi gangguan.

“Untuk PPDB, jadi semua persiapan sudah rampung, aplikasi juga sudah rampung. Setelah itu infrastruktur juga sudah rampung. Dan kita dibantu dengan Kominfo untuk pemakaian server sementara. Kita juga menyediakan server cadangan google icloud dan akan kita bayar, apabila nanti terjadi masalah kalau memang datanya down. Ini semua sudah clear, jadi Dinas Kominfotik dengan Kemenkominfo sudah vitcom bersama apa langkah yang akan dijalani saat PPDB,” ujar Kamsol, Jumat (1/4).

Dijelaskan Kamsol, untuk memastikan pelaksanaan PPDB berjalan lancar dan aman bagi siswa yang akan mendaftar, pihaknya akan melakukan uji coba PPDB. 

Uji coba tersebut dilakukan sesuai dengan tata cara pendaftaran yang telah dijalankan pada tahun sebelumnya. Selain itu, pihaknya akan melakukan evaluasi kekurangan-kekurangannya. 

“Selanjutnya nanti tanggal 4 April ini ada uji coba, setelah uji coba baru kita masuk kepada simulasi, prosesnya itu seperti PPDB mudah-mudahan ini dapat berjalan dengan lancar. Mereka meyakinkan dan menjamin kepada saya terkait dengan kesiapan sistem maupun kesiapan perangkat infrastrukturnya,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan PPDB kata Kamsol, seperti tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan pada akhir Mei atau di bulan Juni. Setelah selesainya ujian bagi siswa SMP sederajat, dan masuknya kalender pendaftaran masuk siswa SMA/SMK.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar