OPD Pemprov Riau Diminta Tingkatkan Kompetensi Sesuai Tupoksi

Gubernur Riau, Syamsuar. (MCR)

PEKANBARU- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meminta masing-masing OPD di lingkungan Pemprov Riau dapat bekerja profesional dan harus meningkatkan kompetensi sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

Karena itulah menurutnya, tentunya pelatihan-pelatihan seperti webinar core values BerAKHLAK dan employer branding ASN bangga melayani bangsa juga wajib diikuti oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau.

"Saya dulu juga sering mengikuti pelatihan, pada saat saya diperintahkan mengikuti pelatihan ya saya ikuti karena pasti berguna bagi kita dimanapun bertugas," katanya, saat membuka kegiatan webinar core values BerAKHLAK dan employer branding ASN bangga melayani bangsa, di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (8/6/2022). 

Menurut Gubri, adanya pelatihan-pelatihan bagi ASN sangat penting. Apalagi saat sekarang ini memang sangat dituntut kompetensi kemampuan ahli dari ASN. Oleh karena itu, sudah sewajarnya juga apapun yang ditugaskan oleh pimpinan kepada ASN harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

"Semoga webinar berjalan lancar agar terwujudnya ASN yang berakhlak. Pengembangan kompetensi ASN jadi perhatian untuk mewujudkan ASN yang berkompeten," sebutnya.

Disamping itu, orang nomor satu di Riau ini meminta agar ASN mencermati kondisi saat ini. Peran dan kedudukan sebagai ASN yang telah diatur sebagaimana peraturan perundangan sebagai upaya konkret mewujudkan karakter ASN yang memiliki kebanggaan melayani bangsa.

Ia menerangkan, sebagai bentuk cerminan ASN yang menjalankan peran dan kedudukannya dalam melayani masyarakat. Maka tegasnya, ASN harus mengikis habis sikap bangga dilayani.

Jelasnya, para leluhur telah mengajarkan sikap mendahulukan pengikutnya sebagai yang dijelaskan oleh budayawan Tenas Effendi. Dalam buku kepemimpinan Melayu, disebutkan bahwa harus menjalankan karakter kepemimpinan, sebagai pemimpin mengabdi dengan keikhlasan dan kerelaannya mengabdi kepada rakyatnya.

Untuk itu terangnya, melalui webinar core values BerAKHLAK dan employer branding ASN bangga melayani bangsa, ia mengajak ASN menghadapi tantangan masa depan dengan tetap berlandasan kearifan lokal dan hakikat sebagai khalifah di muka bumi dengan tidak mengabaikan tuntutan era digital sangat dinamis.

"Kita internalisasikan dan kita implementasikan core values BerAKHLAK dan employer branding ASN bangga melayani bangsa menjadi bagian dalam mewujudkan pemerintahan yang berkelas dunia," tutup Gubri.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar