Stok Menipis, Vaksinasi Covid-19 Dosis Empat Terhenti

Ilustrasi- Internet

PEKANBARU- Proses pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis empat bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Pekanbaru terhenti. 

Pasalnya, saat ini stok vaksin yang ada di gudang farmasi Dinas Kesehatan Pekanbaru menipis. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, hingga kini belum ada kepastian kapan pasokan dosis vaksin tambahan datang ke Pekanbaru. 

"Katanya sih sudah di jalan. Kami masih menunggu tambahan vaksin dari pusat," kata Zaini Rizaldy Saragih, Rabu (10/8/2022). 

Menurutnya, pemberian jenis vaksin dosis empat itu harus sesuai dengan suntik dosis tiga. Sementara, mayoritas Nakes yang ada di Pekanbaru menerima vaksin jenis Moderna untuk suntik dosis tiga beberapa waktu lalu. 

Dikatakan Zaini, saat ini untuk vaksin jenis Moderna hanya tinggal tiga vial. 

"Kalau untuk vaksin dosis empat ini, jenis vaksin nya harus disesuaikan dengan suntik dosis tiga. Kalau sebelumnya Moderna, maka untuk suntik dosis empat ini harus Moderna juga jenis vaksinnya," terang Zaini. 

Ia menambahkan, saat ini vaksin yang tersedia didominasi jenis Pfizer dengan jumlah mencapai 45.000 dosis. Kemudian ada jenis coronavac 1006 dosis. 

"Untuk Nakes kita itu ada sekitar 11.000. Maka 11.000 dosis ini yang kita usulkan tambahan nya. Kalau yang vaksin tiganya Pfizer itu bisa suntik dosis empat saat ini, tapi kalau Moderna menunggu dulu," jelasnya. 

Hingga kini baru 81 orang Nakes di Pekanbaru yang menjalani vaksin dosis empat. Pemberian vaksin dosis empat sesuai dengan arahan pemerintah pusat guna mendukung imunitas dalam mencegah penyebaran Covid-19. 

Untuk tahap awal, pemberian vaksin dosis empat diprioritaskan bagi kelompok nakes. Karena mereka yang paling rentan dan beresiko terpapar covid-19.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar