Akan Diserahkan ke Masyarakat, Kecamatan Bukit Raya Gelar Gerakan Tanam Semai Cabai

Camat Bukit Raya, T. Ardi Dwisasti, saat kegiatan gerakan tanam semai bibit cabai

PEKANBARU- Pemerintah Kecamatan Bukit Raya akan menyerahkan sebanyak 750 bibit cabai kepada masyarakat sesuai arahan Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, sebagai langkah untuk menahan inflasi.

Camat Bukit Raya, T. Ardi Dwisasti, mengatakan, ratusan bibit cabai itu kini masih berada di halaman kantor camat sebab baru saja ditanam dalam kegiatan gerakan tanam semai yang dilaksanakan Kamis, (15/9/202), bersama lima perangkat kelurahan di wilayah Bukit Raya.

" Tadi pagi kami sudah bergerak melaksanakan kegiatan gerakan tanam semai. Sesuai arahan Pj walikota, setiap ASN dan THL diminta menanam minimal 10 bibit cabai di dalam polybag. Alhamdulillah kegiatan yang dilaksanakan secara bergotong royong itu berjalan lancar, sejak awal hingga akhir kegiatan," kata Ardi.

Ardi, menjelaskan, untuk jumlah keseluruhan yang sudah ditanam di dalam polybag itu hampir mencapai 1.000 bibit cabai yang terbagi dari 5 kelurahan dan 1 kecamatan di Bukit Raya. Namun yang akan diserahkan ke masyarakat setelah tumbuh adalah sebanyak 750 bibit saja.

Sedangkan sisanya sebanyak 250 bibit lagi rencananya ditanam di lahan kecamatan dan kelurahan yang berada di wilayah Bukit Raya. 

" Kita berharap cabai yang baru saja ditanam ini bisa tumbuh dengan cara dirawat. Setiap ASN dan THL kita beri tanggungjawab masing- masingnya memelihara 10 bibit cabai yang  baru saja ditanam itu," kata Ardi.

Setelah cabai itu tumbuh, pemerintah kecamatan Bukit Raya akan bergerak menyerahkannya kepada masyarakat untuk ditanam kembali di lahan kosong yang ada di rumah mereka masing- masing.

" Minimal 2 bibit cabai saja ditanam  masyarakat itu sudah luar biasa untuk menahan inflasi yang terjadi saat ini. Berdasarkan keterangan dari penyuluh pertanian, dari beberapa OPD lingkup Pemko Pekanbaru, Alhamdulillah Kecamatan Bukit Raya yang pertama kali melaksanakan penanaman cabai serentak sesuai arahan Pj walikota," katanya.

Ardi, menjelaskan, sebelum mengajak masyarakat untuk menggalakkan penanaman bibit cabai di rumah mereka, sebagai seorang ASN tentu harus memberikan contoh terlebih dahulu.

" Sebelum kita mengajak masyarakat, alangkah lebih baiknya kita dulu yang memberikan contoh kepada mereka. Kan tidak mungkin kita mengajak masyarakat untuk menggalakkan penanaman cabai sementara kita (ASN-red) tidak ada berbuat apa- apa," imbuhnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar