290 Honorer Pemko tak Kunjung Diangkat jadi PPPK

Ilustrasi./Dok. Antara/Irfan Anshori//

PEKANBARU- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, membahas pengangkatan sebanyak 290 tenaga honor menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K/PPPK.

"Tadi, kami rapat pembahasan pengangkatan PPPK untuk tahun ini. Jadi, PPPK banyak yang belum diangkat," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, usai memimpin rapat pembahasan usul kebutuhan ASN tahun 2023, bertempat di ruang rapat lantai 4 gedung utama komplek perkantoran terpadu walikota di Tenayan Raya, Rabu (29/3/2023).

Disampaikannya, ratusan honorer bersangkutan sebelumnya telah lulus dalam seleksi penerimaan P3K tahun 2022. Mereka terdiri dari tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.

Untuk itu, pemerintah kota berencana mengalokasi angggaran sehingga 290 honorer tersebut bisa segera diangkat menjadi P3K.

"Tadi kita bahas terkait kemampuan keuangan dalam pengangkatan PPPK baru. Hal ini dibahas karena belanja pegawai (biaya yang dikeluarkan untuk pembayaran gaji) mencapai 35 persen dari nilai APBD," ungkap dia.

Besarnya anggaran yang dihabiskan per tahun untuk belanja pegawai, lanjut Indra, sudah melampuai aturan yang berlaku yakni sebesar 30 persen dari APBD. Solusinya, pemerintah kota mesti menurunkan belanja pegawai atau menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kami juga mempertimbangkan honorer yang diangkat jadi PPPK minimal jumlahnya sama dengan tahun lalu," tutup Indra.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar