Kekurangan Murid, Disdik Pekanbaru Bakal Tutup SDN 87 di Jalan Hangtuah


PEKANBARU- Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru berencana akan menutup Sekolah Dasar Negeri 87 yang berada di Jalan Hangtuah, Komplek PHB, Kelurahan Sekip, Kecamatan Lima Puluh.

Selain kerap kekurangan murid, SDN 87 itu juga berada satu komplek dengan Sekolah Dasar Negeri 74 yang hanya berjarak beberapa meter saja di bawahnya.

"Di satu komplek PHB itu ada dua Sekolah Dasar Negeri 87 dan 74. Yang di SDN 87 ini tiap tahun kekurangan murid, meskipun yang di SDN 74 juga tak memiliki siswa yang banyak. Jadi kita berencana untuk memergernya (gabung) saja," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Kamis,(17/8/2023), malam.

Di singgung, apakah setelah penutupan, gedung itu akan dibongkar atau difungsikan untuk fasilitas lain? Jamal, mengatakan, masih dalam proses administrasi aset.

Namun yang jelas, kalau untuk para guru yang kini masih mengajar di SDN 87 akan dialihkan ke SDN 74.

" Bangunan SDN 87 itu juga sudah tak bagus lagi dan tak bisa juga untuk operasional. Sebab untuk jumlah siswanya dari kelas 1 sampai kelas 6 itu hanya 40 orang," jelasnya.

Untuk pelaksanaan, Jamal, mengatakan, direncanakan setelah ada pelantikan Kepala Sekolah, sebab kalau sekarang kemana Kepsek SDN 87 yang sekarang ini akan dipindahkan.

" Kalau kapan pelaksanaanya tunggu pelantikan. Pas ada pelantikan langsung kita kosongkan untuk jabatan Kepsek di SDN 87itu. Sedangkan untuk para gurunya akan kita gabungkan ke SDN 74," kata Jamal.

Bicara merger, Jamal, menerangkan baru akan memulainya untuk sekolah yang berada di satu komplek saja. Untuk sekolah lain tapi tidak di satu komplek belum bisa meskipun mengalami kekurangan siswa.

" Untuk sekolah yang kekurangan siswa tapi tidak dalam kawasan satu komplek masih ada seperti di Jalan Riau dan Jalan Mangga. Tapi kita baru berani memerger sekolah yang berada di satu komplek saja," tutup Jamal.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar