Masuki Musim Hujan, BPBD Ingatkan Warga Waspada Bencana Hidrometeorologi

Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra

PEKANBARU-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mengingatkan warga agar mewaspadai  
bencana hidrometeorologi.

Sebab, di beberapa pekan terakhir Kota Pekanbaru mulai diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga deras bahkan disertai angin kencang.

Meskipun berdasarkan pengawasan yang dilakukan BPBD hingga kini belum ada pemukiman warga Pekanbaruyang direndam banjir.

"Dari pengawasan yang kita lakukan, sejauh ini belum ada pemukiman warga yang direndam banjir. Namun warag tetap kita ingatkan agar waspada bencana hidrometeorologi," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Selasa (7/11/2023).

Terhadap warga yang berada di kawasan aliran sungai, Zarman, juga mengimbau agar mewaspadai genangan bnjir ketika hujan deras mengguyur.

"Kita dari BPBD juga siap siaga untuk melakukan penanganan di lapangan," ucapnya.

Sebab dari informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), saat ini Kota Pekanbaru sudah mulai memasuki musim hujan.

"Tapi hujan yang turun belum merata. Kadang di utara hujan, timur tidak. Tapi yang penting kita tetap waspada," jelas Zarman.

Lebih jauh, Zarman, menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat juga sudah melakukan berbagai upaya untuk pencegahan banjir.

"Salah satunya dengan mengeruk saluran pembuangan air dan anak sungai. Nanti kalau tingkat intensitas curah hujan tinggi kita akan tetapkan status Pekanbaru siaga bencana hidrometeorologi," pungkasnya.(her).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar