Antisipasi Banjir di Pekanbaru

Walikota Terbitkan Imbaun

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus,MT.

PEKANBARU- Mengantisipasi musim hujan yang berdampak terjadinya banjir di Kota Pekanbaru, Walikota, Firdaus, menerbitkan imbauan meminta kepada camat dan lurah untuk menginstruksikan kepada masyarakat dalam mencegah terjadinya banjir di lingkungan atau wilayahnya masing- masing.

Imbauan yang diterbitkan tertanggal 30 Oktober 2019 bernomor; 365/BPBD-PK/x/2019/2733, bersifat penting ditujukan kepada dinas, badan, kantor, swasta, instansi vertikal bahkan camat dan lurah. Mengingat berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memasuki Bulan November 2019, diperkirakan terjadi peningkatan curah hujan dan gelombang tinggi di wilayah Indonesia, Riau umumnya termasuk di Kota Pekanbaru.

Dalam imbauan itu, Wako Firdaus, mengajak masyarakat untuk melakukan gotong royong, membersihkan drainse, dan  gorong- gorong di lingkungan masing- masing. Kemudian tidak membuang sampah di sungai, drainase, selokan dan gorong- gorong dan tidak bermain, mandi dan mencuci di sungai serta memantau kondisi pohon, tiang listrik, reklame, PJU yang berpotensi tumbang.

Selain itu, Wako, juga mengimbau masyarakat, apabila turun hujan agar tidak berteduh di bawah pohon, reklame, baliho, tiang listrik dan PJU, serta melakukan pengecekan instalasi listrik apabila terkena air. Sebab dapat mengakibatkan korsleting, tidak lupa pula pada saat terjadi banjir masyarakat diimbau agar mematikan aliran listrik yang posisi stop kontaknya berada di bawah.

Seluruh masyarakat dan dunia usaha juga diminta untuk saling bekerjasama mempunyai rasa empati kepada lingkungan dalam rangka mengurangi risiko bencana banjir. Apabila membutuhkan bantuan alat berat untuk menormalisasi drainase selokan, gorong- gorong, kanal dan anak sungai segera berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pekanbaru atau langsung ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekanbaru.

Selanjutnya, apabila terjadi banjir yang membutuhkan penanganan dan evaluasi penyelamatan segera berkoordinasi dengan Call Center Kota Pekanbarii di 112 BPBD Pekanbaru. Terakhir, untuk OPD terkait seperti Dinas Sosial, Kesehatan, Perhubungan, PUPR,Satpol PP, Basarnas dan PMI Kota Pekanbaru, Wako, meminta untuk menyiapkan strategi penanganan banjir sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya masing- masing.(iky).


 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar