Kasus HIV/AIDS Seperti Gunung Es

Plt Kadiskes Pekanbaru, Muhammad Amin

PEKANBARU- Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Muhammad Amin, mengatakan, kasus HIV/AIDS di Pekanbaru seperti gunung es . Diatas ditemukan kecil tetapi dibawahnya masih banyak.

Pernyataan itu disampaikan dirinya menanggapi terus meningkatnya dua kasus tersebut di Pekanbaru sejak ditemukan pada tahun 2000 silam hingga Oktober tahun 2019.

" HIV /AIDS itu seperti gunung es, jadi memang harus ditemukan, semakin banyak ditemukan semakin bagus karena posisinya seperti gunung es. Diatas ditemukan kecil tapi dibawah masih banyak. Jadi penjelasannya bisa saja meningkat terjadi karena semakin ketat kita melakukan penemuan penyakit HIV AIDS itu di lapangan," jelas dia, Selasa,(3/12/2019).

Kemungkinan nanti di tahun 2030 mendatang HIV/AIDS bisa tereliminasi sehingga tidak ada lagi orang yang terjangkit kasus tersebut. 

" Makanya itu ditemukan supaya  virus tidak menular ke yang lain.  Karena itulah temuan di lapangan harus diperkuat," kata Amin lagi.

Sulitnya menemukan  kasus HIV/AIDS di lapangan karena kebanyakan orang yang terinfeksi virus merasa malu memeriksakan diri dan mengobatinya.

"Kita sudah lakukan upaya koordinasi dengan lembaga terkait penanggulangan HIV AIDS. Seperti Komisi Perlindungan Anak, yayasan dan lembaga lain," tutupnya.(iky).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar