Isi Libur Panjang dan Hindari Hura- hura Malam Pergantian Tahun

70 Orang Siswa RW 07 Tobek Godang Ikuti Pesantren Kilat

70 orang siswa sekolah di Kelurahan Tabek Gadang, RW 07 Kecamatan Tampan, mengikuti kegiatan pesantren kilat selama libur.

PEKANBARU- Sebanyak 70 orang siswa sekolah di Kelurahan Tabek Gadang, RW 07 Kecamatan Tampan, mengikuti kegiatan pesantren kilat selama empat hari sejak 29 Desember hingga Senin, 1 Januari 2020 di Masjid Amal firah, Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Tampan. 

Selain untuk mengisi hari libur, kegiatan yang diadakan juga bertujuan untuk menghindari berkeliarannya anak- anak atau hura- hura di malam pergantian tahun.

" Siswa yang mengikuti pesantren kilat terdiri dari 59 orang anak Sekolah Dasar dan 11 orang siswa Sekolah Menengah Pertama. Dasar dari pelaksanaan kegiatan yang pertama karena adanya program dari Masjid Amal Maghfirah. Kemudian juga untuk mengisi hari libur dan menghindari berkeliarannya anak- anak di malam pergantian tahun," kata Azhar, Ketua Pelaksana, Rabu,(1/1/2020).

Dengan dilaksanakannya pesantren kilat, Azhar, berharap seluruh siswa bisa dibentengi dengan nilai- nilai keagamaan dan untuk menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap masjid. Sebab selama pesantren kilat dilaksanakan seluruh siswa dibekali dengan ilmu- ilmu agama terutama amal ibadah yang berkaitan dengan hal- hal yang wajib dan sunah.

Diantaranya dibekali tentang tatacara pelaksanaan solat wajib berjamaah, solat sunat, solat jenazah, solat tahajud, solat duha dan lainnya. Kemudian, siswa juga diajarkan tentang cara solat jenazah perempuan dan laki- laki.

Pesantren kilat diakhiri dengan wisata rohani, siswa diajak untuk melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya, berenang, memanah dan berkuda di salahsatu kampung wisata di Kabupaten Kampar. Bicara anggaran berasal dari sumbangan masyarakat di RW 07, Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Tampan.

" Kegiatan pesantren kilat ditutup oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi yang berharap agar kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara berlanjut. Nantinya setiap bulan alumni pesantren akan berpuasa sunah dan setiap minggu pertama atau kedua akan diundang untuk berbuka puasa bersama di masjid," kata Azhar yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Pekanbaru.(iky).


 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar