Tahun 2020, Enam Kecamatan di Pekanbaru Rawan Karlahut

Petugas pemdam kebakaran memadamkan api saat kebakaran hutan dan lahan di Pekanbaru, Riau Jumat,(13/9/2019) (ADEK BERRY/AFP).

PEKANBARU- Di tahun 2020 ini terdapat enam kecamatan di Pekanbaru rawan bencana Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Satu diantara enam kecamatan yang disebutan yakni Payung Sekaki sudah terjadi kebakaran lahan di awal tahun ini dan pelakupun sudah ditangkap pihak berwajib.

" Ada lima kecamatan lagi yang harus diwaspadai yakni Tampan, Marpoyan Damai, Bukit Raya, Rumbai dan Tenayan Raya. Satu di Payung Sekaki sudah terbakar awal tahun 2020 tepatnya di Jalan Wonosari RT 02/RW 05, Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Candra, Ahad,(19/1/2020).

Selama tahun 2020 ini BPBD Kota Pekanbaru, kata Zarman, sudah mendeteksi ada lima titik api. Masing-masing tersebar di Air Hitam Kecamatan Tampan sebanyak dua titik, sisanya di Jalan Pemuda dan juga Tangkerang Labuai.

"Kami mengimbau masyarakat Pekanbaru untuk menjaga alam, jangan membakar lahan sembarangan. InsyaAllah dengan begitu kita terhindar dari bencana di Pekanbaru," imbuhnya.

Apalagi di tengah kemarau yang akan terjadi tahun 2020 yang diperkirakan akan lebih panjang. Tentu menjadi atensi tersendiri, karena kalau lahan gambut terbakar akan menyebar ke mana-mana memakan waktu lama memadamkannya.

Untuk upaya pencegahan kebakaran diantaranya, BPBD mempersiapkan sumber daya manusia yang cepat tanggap.

"Kami melakukan imbauan tentang pencegahan kebakaran hutan secara dini, kepada seluruh masyarakat Kota Pekanbaru, terutama RT/RW melalui camat dan lurah," katanya.

Selanjutnya, memberikan dan menyebarluaskan layanan call center 112 kepada masyarakat kota. Serta koordinasi dan sinergitas tupoksi kepada instansi dan OPD terkait kami. ***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar