Di Pekanbaru, Diskes Sebut Belum Ada Warga Suspect Terinfeksi Virus Corona

Istimewa

PEKANBARU- Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyatakan saat ini belum menerima laporan terkait warga  suspect (dicurigai) terinfeksi virus corona di Pekanbaru.

" Sementara ini belum ada, mudah-mudahan seterusnya tidak ada. Mengantisipasinya kita koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan khusus yang datang dari luar," kata Plt Kepala Diskes Pekanbaru, Muhammad Amin, Ahad,(26/1/2020).

Selain itu kata Amin, Diskes juga sudah menerbitkan surat edaran untuk mewaspadai Virus Corona dan menyebarkannya ke masing-masing Puskesmas yang ada di Pekanbaru.

"Kita sudah berikan surat imbauan keseluruh Puskesmas untuk mewaspadai dan mengenali gejala-gejala virus itu," kata Amin.

Dijelaskannya, virus corona berasal dari hewan yang ditularkan kepada manusia. Saat ini virus sudah berkembang di Negara di dunia. Ada beberapa hal atau gejala yang muncul akibat tertular Virus Corona tersebut. 

Diantaranya, demam, batuk kering, lemas, dan sesak nafas.  Virus dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Namun, lebih sering menyerang anak-anak dan Lansia.

"Lewat imbauan, kita minta masyarakat waspada. Kalau ada gejala-gejala seperti itu, cepat periksakan ke Puskesmas," jelasnya. 

Ia juga mengimbau untuk mengantisipasi peredaran virus itu dengan berprilaku hidup bersih dan sehat. Selalu cuci tangan sebelum makan, dan sehabis buang air besar, dan menghindari kontak fisik dengan orang yang terinfeksi. 

"Dari segi makanan juga, kita kalau makan daging, harus yang benar-benar masak. Kebanyakan kita makan daging yang belum masak seutuhnya, makan telur mentah juga. Karena virus Corona dari hewan. Hewan yang kita makan takutnya ada virus itu,"imbuh Amin. (iky).

 

 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar