Banyak Jalan Rusak Akibat Pembangunan IPAL, PUPR Sebut akan Diperbaiki Setelah Timbunan Padat

kondisi Jalan Dahlia Pekanbaru.

PEKANBARU- Sudah tidak menjadi pemandangan aneh di Kota Pekanbaru khususnya di daerah Sukajadi banyak jalan rusak akibat galian pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Selain tidak rata beberapa jalan juga ada yang terbagi menjadi dua bagian sehingga sulit dilalui kendaraan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kontraktor untuk mendorong percepatan pengembalian kondisi jalan bekas galian ke bentuk semula. 

Kata dia lagi, untul perbaikan jalan akan dilakukan secara bertahap, bahkan dalam waktu dekat ada beberapa ruas jalan yang akan diperbaiki. 

"Mereka perbaiki jalan bekas galian IPAL itu secara bertahap. Mereka harus menunggu kontruksi kepadatan timbunan galian jaringan pipa IPAL itu benar-benar padat," kata Indra, Rabu (12/2/2020). 

Menurutnya, sebelum melakukan overlay jalan, bekas galian IPAL harus diuji coba. Mulai dari uji coba kemiringan jaringan pipa yang ditanam dan kekerasan tanah timbun. 

Saat ini, kata Kadis PUPR sudah ditanam beton penutup bekas galian jaringan pipa IPAL, meski dia menampik kondisi sebagian beton ada yang turun karena kepadatan tanah timbunan yang belum maksimal. 

"Koordinasi terus jalan, dan kami pastikan jalan akan segera diperbaiki. Jalan dibawah tiga meter, kontraktor akan melakukan overlay secara keseluruhan. Namun, Jalan lebih besar dari 6 meter, kontraktor hanya overlay di bekas galiannya saja," jelas Indra Pomi.(iky).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar