Kurangi Pemakaian Plastik, DLHK Pekanbaru Imbau Warga Bawa Botol Minum

Kurangi Pemakaian Plastik, DLHK Pekanbaru Imbau Warga Bawa Botol Minum

PEKANBARU- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, mengimbau kepada warga untuk selalu membawa botol/gelas minum (Tumbler) saat bepergian.

Bertujuan untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dari diri sendiri yang biasanya setelah digunakan akan menjadi sampah yang sulit diurai.

Seperti pada botol/gelas minuman kemasan dari berbagai merek dan jenis.

" Jangan lupa selalu membawa botol minum saat bepergian. Untuk memgurangi pemakaian plastik sekali pakai pada diri sendiri. Tumbler ini juga merupakan gaya hidup sehat, lebih hemat, dan tak kalah penting kita juga ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dan bumi dari sampah plastik," kata Sekretaris DLHK Pekanbaru, Azhar, Rabu (11/3/2020).

Untuk membumingkan penggunaan tumbler, DLHK akan menggelar kampanye di puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPNS) tingkat kota yang dijadwalkan berlangsung pada 26 Maret mendatang di kawasan Purna MTQ Jalan Jenderal Sudirman.

"Dalam kampanye nanti, akan ada juga bagi-bagi tumbler kepada masyarakat bekerjasama dengan sejumlah perusahaan swasta dan perbankan," ungkapnya.

Dengan adanya kampanye nanti, diharapkan bisa memotivasi baik OPD di lingkungan pemerintah kota, perkantoran swasta, tempat-tempat usaha hingga perhotelan agar menganjurkan kepada para pegawai atau karyawannya dalam menggunakan tumbler sebagai wadah air minum.

"Begitu juga kepada pihak sekolah, kita harapkan bisa menganjurkan kepada peserta didik agar menggunakan tumbler. Ini penting karena di sekolah, anak-anak banyak yang membeli minuman air kemasan dan sampahnya kadang dibuang sembarangan," ujar dia.

"Di DLHK sendiri, kita sudah memulai menganjurkan kepada seluruh pegawai dan tenaga harian lepas agar menggunakan tumbler sebagai wadah air minum,"tutupnya. (iky).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar