100 Ton Cadangan Beras Pemerintah akan Dibagikan ke Ribuan Warga Pekanbaru

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru,Chairani.

PEKANBARU- Pemerintah Kota Pekanbaru akan membagikan sebanyak 100 ton Cadangan Beras Pemerintah (CDP) kepada ribuan warga Kota Pekanbaru selama masa tanggap darurat bencana non alam diberlakukan.

Penggunaan Cadangan Beras Pemerintah itu sesuai dengan Permensos Nomor 22 Tahun 2019 serta menyikapi kondisi tanggap darurat bencana non alam akibat virus corona yang telah berimbas terhadap perekonomian dan daya beli masyarakat yang terjadi saat ini.

" Beras gratis bantuan dari CDP akan kami bagikan kepada warga prasejahtera yang sudah terdata di Dinas Sosial Kota Pekanbaru. Di luar data warga kurang mampu yang telah mendapatkan bantuan selama ini dengan jumlah sebanyak 19.523 Kepala Keluarga serta warga lain yang juga terdampak Covid- 19," kata Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Chairani, usai rapat Koordinasi dan teknis penggunaan bantuan CDP untuk penanganan Covid- 19 di ruangan multi media, Mal Pelayanan Publik Pekanbaru, Senin, (30/3/2020).

Chairani, menjelaskan, meski secara teknis aturan dari Kemensos sudah ada, namun rapat koordinasi masih perlu dilakukan untuk mendudukkan kembali terkait teknis di lapangan nanti. 

Terlebih dengan kondisi yang terjadi saat ini di Kota Pekanbaru melarang warga menghindari kerumunan dan juga menjaga jarak untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

" Artinya nanti secara aturan yang berlaku kami akan rapikan kembali dari Dinas Sosial sampai di titik bagaimana pola pendistribusiannya, itu yang pertama. Yang kedua, terkait data, kalau data penerima Dinsos sudah ada yakni dari orang miskin yang belum mendapatkan Bantuan Sosial selama ini dengan jumlah 19.523 Kepala Keluarga. Hanya saja sesuai aturan dari pemerintah pusat, yang terpapar virus corona juga harus dipikirkan," jelas Chairani.

Meski untuk teknis pembagian beras gratis masih dirapatkan di tingkat kelurahan dan kecamatan, namun yang jelas pembagian beras bantuan CDP akan dilakukan dengan tidak menimbulkan kericuhan dan berkumpulnya masyarakat banyak. 

Pembagian juga akan dilakukan secepatnya setelah proses pengemasan. Warga akan menerima sebanyak 400 gram perhari selama masa siaga darurat bencana non alam akibat virus corona berlangsung di Pekanbaru.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar