Jubir Covid- 19 Riau Tegaskan PSBB Bukan Lockdown

Jubir Covid- 19 Riau, dr Indra Yovi.

PEKANBARU- Juru Bicara Gugus Tugas Covid- 19 Riau, dr Indra Yovi, menegaskan, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan di Provinsi Riau dan Pekanbaru bukanlah Lockdown.

kata dia,PSBB adalah bagaimana menekankan disiplin sebagai masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam hal itu pemerintah yang bertanggungjawab memberikan arahan. 

Namun demikian, yang terpenting melaksanakan adalah masyarakat itu sendiri, sebab saat PSBB diberlakukan tidak semua tempat atau usaha harus tutup dan aturan itu juga jelas dituangkan di dalam Keputusan Gubernur Riau.

" Saat PSBB diberlakukan tidak semua kegiatan atau usaha tutup tapi untuk kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan kehidupan orang banyak diperbolehkan buka. Tetapi syarat utamanya adalah dengan tetap memenuhi protokol kesehatan. Jadi apapun itu silahkan dilakukan asal mematuhi protokol kesehatan dengan baik," kata Indra Yovi.

Protokol kesehatan yang dimaksud diantaranya harus dan wajib memakai masker jika keluar rumah kemudian pastikan untuk mencuci tangan. Kalau tak ada fasilitas cuci tangan silahkan beli hand sanitizer. 

Kalau tidak ada, cari tempat air yang mengalir cuci tangan di sana pakai sabun setiap saat dan sesering mungkin. Selanjutnya kalau memang harus keluar rumah jangan berkerumun dan hindari tempat- tempat keramaian yang tidak mungkin dilakukannya Physical Distancing.

" Misalnya warga sedang berbelanja di suatu tempat tapi di sana ada keramaian yang tidak bisa dikendalikan lebih baik keluar dan beranjak dari sana karena risikonya terlalu besar terhadap penyebaran dan penularan Covid- 19. Imbauan ini tujuannya bukan untuk saya tapi untuk kita semua, cepat atau lambatnya Covid- 19 di Riau ini tergantung kita semua. Kalau kita tidak peduli, kehidupan kita tidak akan pernah lebih baik dari kehidupan kita sekarang. Begitujuga sebaliknya," imbuh Indra Yovi.

Dia melanjutkan, dengan memakai masker 70 persen kemungkinan terkena Covid- 19 berkurang  ditambah lagi dengan sering mencuci tangan dan menjaga jarak fisik artinya sudah menghindari diri dari kemungkinan terkena Covid- 19.***
 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar