Ikuti Kegiatan Pelaksanaan Aksi Masyarakat Pertanian Produktif Bebas COVID 19, Wali Kota Pekanbaru Panen Ikan, Ubi Kayu & Tanam Cabai

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus,MT, turun langsung memanen ubi kayu.

PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus,MT, mengikuti kegiatan pelaksanaan aksi Masyarakat pertanian produktif bebas Covid- 19, di Kelurahan Okura dan Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai, Selasa, (16/6/2020), kemarin.

Pada kesempatan tersebut orang nomor satu di Pekanbaru itu juga turun langsung menanam bibit cabai berikut memanen ikan, ubi kayu serta olahannya. Dia juga sangat mengapresiasi para petani yang mampu menerapkan inovasi penting agar bisa memberikan nilai tambah dari produk yang dihasilkan guna tercapainya kemandirian pangan.

Bahkan dalam kesempatan itu Firdaus, juga berencana memberikan stimulus di APBD- 2020 kepada pelaku UMKM untuk mendukung dan mendorong produktivitasnya. Para petani kini juga sudah mampu membuat olahan ubi menjadi dodol. '

'Saat ubi tidak laku, maka ubipun diolah menjadi produk kreasi makanan,'' kata Wali Kota Pekanbaru, di sela kegiatan.
 
Agar bisa dinikmati masyarakat luas para petani sudah melewati serangkaian percobaan untuk menjadikan olahan ubi kayu menjadi dodol ubi sehingga memiliki daya jual cukup tinggi dibanding hanya mengharapkan penjualan dari ubi kayu saja.

Wali Kota, meminta kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru untuk membina produksi dodol ubi termasuk pelaku UMKMnya.

" Pemerintah kota nantinya akan berupaya memberi stimulus bagi pelaku UMKM pada APBD Perubahan Kota Pekanbaru tahun 2020.

Dengan inovasi itu, Wali Kota berharap, bisa menjadi awal untuk menjaga ketahanan pangan di Kota Pekanbaru. Telrbih saat ini ada bahan pangan yang bisa diolah menjadi produk inovatif.

MenurutFirdaus, Kota Pekanbaru adalah kota dunia usaha. Ada banyak sektor usaha yang bisa dikembangkan. Industri rumah tangga misalnya. Industri itu didukung sektor pertanian. 

''Jadi satu lahan nantinya ada aktivitas pertanian dan perikanan,'' terangnya.

Dia menyebut, dalam satu hektar lahan nantinya ada sejumlah aktivitas.

 "Jadi satu lahan nantinya ada aktivitas pertanian dan perikanan," ujarnya.

Di masa transisi kehidupan masyarakat Kota Pekanbaru menuju new normal life saat ini, Pemko Pekanbaru terus berupaya mendorong produktifitas dan ekonomi untuk tumbuh. 

Masyarakat hendaknya mampu produktif namun tetap aman Covid-19 dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Karena Pekanbaru sendiri merupakan kota entrepreneur yang memiliki beberapa sektor unggulan, hingga besar peluang bagi para pelaku usaha untuk ber enterpreneur.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar