3 Oknum ASN Disdukcapil Dibekuk Satgas Saber Pungli, Salah Satunya Kabid

Ilustrasi pungli (Foto: Edi Wahyono)

CIREBON - Sejumlah oknum aparatur sipil negara (ASN) dan tenaga honorer Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon diamankan Satgas Saber Pungli Jabar. Seorang di antaranya menjabat sebagai kepala bidang (Kabid).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon Mochamad Syafrudin mengatakan enam pegawainya yang diamankan Satgas Saber Pungli Jabar berasal dari Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk.

"Mereka (Satgas Saber Pungli) ingin mengonfirmasi beberapa hal kepada teman-teman kami yang di (Bidang) Pelayanan Pendaftaran Penduduk. Lima orang staf dan satu kepala bidang," kata Syafrudin kepada awak media di kantor Bupati Cirebon Jalan Sunan Kalijaga Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (25/6/2020), dikutip dari detik.com.

Lebih lanjut, Syafrudin mengatakan keenam pegawainya yang diamankan Satgas Saber Pungli tersebut berkaitan dengan pelayanan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Syafrudin mengatakan keenam pegawainya diamankan pada Rabu (24/6) kemarin.

"Kita serahkan ke pihak berwenang. Kami tentunya bekerja sesuai dengan norma dan SOP. Dan, tentang anak buah kami (diamankan Satgas Saber Pungli), tentunya bagi kami bagian daripada pembinaan," kata Syafruddin.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso membenarkan adanya kejadian tersebut.

 "Betul, ada kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) Saber Pungli Jabar di Kabupaten Cirebon," ucap Erlangga saat dikonfirmasi, Kamis (25/6/2020).

Erlangga mengatakan OTT tersebut dilakukan pada Rabu (24/6) kemarin. Ada tiga orang ASN dan tiga orang tenaga honorer yang diciduk.

"Ada tiga ASN dan tiga honorer. Total enam orang sedang diperiksa," kata Erlangga.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar