Bertahap, Disdik Riau akan Tambah Sekolah Baru

Kepala Dinas Pendidikan Riau, Zul Ikram

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Riau secara bertahap akan menambah sekolah SMA/SMK baru di Riau. 

Hal ini untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Menging faktor pemicu persoalan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Riau adalah karena sebaran sekolah, khususnya di Pekanbaru cukup jauh. 

"Kita sadari ada beda penafsiran di PPDB jalur zonasi, ada yang puas dan tidak puas. Saya kira itu sebuah kewajaran. Persoalan ini muncul karena sebaran SMA/SMK khususnya di Pekanbaru menjadi faktor pemicu persoalan di PPDB jalur zonasi," kata Kepala Disdik Riau, Zul Ikram, Minggu (28/6/2020). 

Zul Ikram mengatakan, sekolah SMA/SMK di Riau memang memilki kapasitas yang amat terbatas, kemudian dilain sisi disebagian wilayah kekurangan sekolah. 

"Sehingga jarak atau radius sekolah rumah orang tua walid murid cukup jauh, bahkan ada yang 5 Km. Seperti di sekitara jalan Delima, Tampan, Pekanbaru," akunya. 

"Ini menjadi catatan penting, dan sudah kita sampaikan ke pimpinan dan kita sudah berihktiar secara bertahap bisa memenuhi kebutuhan ini," sambungnya. 

Disamping itu, lanjut Zul, disisi lain pihaknya juga ingin sekolah swasta di Riau bisa berkembang, karena sesuai keinginan Gubernur sekolah swasta bantu. 

"Sehingga tidak ada lagi keraguan masyarakat untuk tidak sekolah atau ragu-ragu memilih sekolah swasta.  Karena kita juga ada menyuplai anggaran untuk sekolah swasta," ujarnya. 

"Karena daya tampung di sekolah negeri memang kapasitasnya terbatas. Namun masih ada sekolah swasta yang masih bisa memberi fasilitas pembelajaran ditengah-tengah masyarakat," tutupnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar