Heboh, Pohon Pisang Tumbuh di Atas Dahan

Pohon pisang (dalam lingkaran) tumbuh di dahan pohon Dangdeur. (Foto/SINDONews).

MAJALENGKA- Pohon pisang yang tumbuh di atas dahan atau ranting pohon membuat heboh warga Desa Sukaraja Kulon, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Pohon tersebut tumbuh di makam Syech Maulana Abdurahman Akbar.

Pohon tersebut menjadi viral dan makin banyak orang yang ingin tahu. Pohon pisang itu diketahui berjenis Randu Alas, atau warga setempat menyebut Dangdeur.

Juru kunci Makam Suryana mengatakan, dari ukuran pohon pisang itu sama persis dengan pohon pisang pada unumnya yang mengalami pertumbuhan. Pohon ini sangat besar dan sudah berusia ratusan tahun.

"Awalnya mah kecil, tapi makin ke sini (seiring berjalannya waktu) makin besar. Namun daunnya kini menipis, kalau awalnya banyak dan menjulang," kata Suryana di Majalengka, Kamis (2/7/2020), dikutip dari iNews.id.

Suryana mengaku tidak mengetahuinya secara jelas jenis pohon pisang itu. Namun, sepintas pohon pisang itu tampak seperti pisang yang warga sekitar menyebutnya Pisang Muli. "Di sekitar sini juga banyak pohon pisang jenis Muli," ucap dia.

Di tempat terpisah, Peneliti Utama Badan Litbang Pertanian Prof Ika Djatnika mengatakan munculnya pohon pisang di dahan Pohon Dangdeur itu mungkin saja ada peran dari hewan.

"Apakah jenis pisang yang berbiji? Buah pisang dibawa hewan Careuh (Musang) dan sebagainya. Careuh BAB di pohon itu sambil mengeluarkan biji pisang yang biasanya tidak bisa dicerna oleh organ tubuh Careuh itu. Bijinya berkecambah dan tumbuh di pohon itu yang penuh dengan kadaka," kata dia.

Menurut dia, kejadian pohon pisang tumbuh tidak di tanah sudah biasa. "Bisa saja. Apalagi di pohon itu ada kadaka yang biasanya menanggkap bahan organik dari udara seperti asap dan sebagainya," ujar dia.

Meski begitu, kata dia, pohon pisang itu tidak akan tumbuh buah secara optimal karena berada di atas dahan pohon. "Jelas berbeda (tumbuh di atas pohon) dengan yang tumbuh di tanah. Mungkin bisa berbuah, tetapi tidak optimal," kata Ika.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar