Jubir Covid- 19 Riau Tegaskan Pandemi Corona Bukan Konspirasi

Juru Bicara Gugus Tugas Covid- 19 Riau, Indra Yovi

PEKANBARU - Juru Bicara Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, menegaskan,  pandemi Corona bukan merupakan bagian dari konspirasi seperti yang banyak disebutkan dan tersebar di berbagai sosial media. 

"Saat ini banyak masyarakat yang menilai bahwa Covid-19 ini merupakan konspirasi. Akan hal ini kami jelaskan,  ilmu pengetahuan tidak bisa dikonspirasikan, terutama dengan pemeriksaan yang tidak bisa direkayasa. Jika pasien positif hasilnya positif dan pasien negatif hasilnya negatif, tidak bisa dibohongi," tegasnya saat melakukan konfrensi pers, Sabtu (04/03/2020).

Indra mengatakan, hal itu ditegaskan karena banyak berita hoaks yang beredar, baik dikalangan masyarakat Provinsi Riau maupun dalam skala nasional tentang bagaimana Covid-19 itu sendiri. 

"Akan berita hoaks konspirasi ini menyebabkan beberapa kejadian, misalnya saat masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19, namun tidak mau diisolasi dan dirawat. Ada juga pasien yang dirawat malah minta pulang, padahal dia masih positif," ungkapnya.

Jubir, berharap, kepada masyarakat agar dapat berhenti berpikiran seperti itu. Misalnya ada orang atau pasien positif Covid- 19 dirawat, namun itu dikatakan untuk kepentingan dokter atau pihak rumah sakit.

"Kami tegaskan bahwa dokter dan rumah sakit tidak mempunyai kepentingan. Malahan sejujurnya, dokter dan rumah sakit berdoa agar ruangan isolasi Covid-19 itu kosong, dan kami tidak perlu lagi memakai Alat Pelindung Diri dan memakai hasmat, itu doa kami," tegasnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar