Sempat Tertunda, Awal Pekan Depan PSBM di Tampan Mulai Diterapkan

Wali Kota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, ST, MT.

PEKANBARU- Sempat tertunda dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya, kini Pemko Pekanbaru kembali menargetkan akan memulai penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) pada awal pekan depan atau Senin, (14/9) mendatang.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus,MT, mengatakan, saat ini sedang dipersiapkan administrasi dalam bentuk Peraturan Walikota (Perwako) sebagai payung hukum pelaksanaan PSBM di lapangan. 

"Saat ini sedang dipersiapkan. Paling lambat, awal pekan depan, Senin (14/9) kita terapkan," kata Firdaus, Kamis (10/9). 

Ada beberapa aturan pada Perwako PSBM yang akan dilakukan harmonisasi dengan Peraturan Gubernur (Pergub). 

Dalam PSBM nanti juga diberlakukan sanksi seperti saat pemberlakuan PSBB. Namun, hanya ada sanksi administratif pada PSBM.

Kecamatan Tampan ditunjuk sebagai Kecamatan pertama yang akan menerapkan PSBM. 

Hal itu berdasarkan tingkat sebaran kasus positif covid-19 tertinggi. Pemko Pekanbaru pada awalnya merencanakan PSBM di Kecamatan diterapkan, Kamis (10/9). Namun ditunda akibat regulasi yang belum rampung. 

"Maka yang pertama Kecamatan Tampan kita terapkan. Nanti akan menyusul dengan kecamatan lainnya," terang Firdaus. 

Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, Azwan mengatakan bahwa regulasi yang akan mengatur PSBM tinggal finalisasi. 

"Hari ini (kemarin-red) kami finalkan regulasinya. Besok kami akan paparkan ke bapak Walikota," terang Azwan. 

Regulasi dalam PSBM akan dibentuk dalam Perwako berikut dengan sanksi bagi para pelanggar. Ia memaparkan beberapa aturan yang diatur diantaranya terkait pendidikan, rumah ibadah, pelaku usaha, dan sarana perekonomian. 

"Namun, itu diberlakukan untuk satu Kecamatan. Intinya lebih ke pengawasan yang ketat. Jam operasional tempat usaha juga kita bagasi, hingga penutupan jalan," ujar Azwan. 

Selain itu ada rencana bagi masyarakat yang terdampak dalam PSBM itu akan diberikan bantuan sosial. Namun, Azwan menyebut masyarakat yang mendapatkan bantuan dipilih berdasarkan data yang valid dan sangat selektif agar tepat sasaran. 

Ditambahkan Azwan, jika jumlah kasus terus mengalami peningkatan maka PSBM akan berlanjut ke Kecamatan lain, bahkan dapat kembali dapat diberlakukan PSBB bagi Kota Pekanbaru, jika jumlah pasien positif covid-19 terus meningkat.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar