Penanganan Karhutla 2021, Riau Dapat Tawaran Bantuan Helikopter Water Bombing Chinook dari BNPB

Plt Deputi Penanggulangan Kedaruratan, BNPB, Dody Ruswandi.(MCR).

PEKANBARU- Provinsi Riau mendapat tawaran bantuan helikopter water bombing kapasitas besar jenis Chinook dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Tawaran bantuan helikopter tersebut, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2021. 

Demikian disampaikan Kepala BNPB, Doni Monardo melalui Plt Deputi Penanggulangan Kedaruratan, Dody Ruswandi di Pekanbaru belum lama ini.  

Dody mengatakan, mulai tahun ini BNPB mengoperasikan helikopter kapasitas besar, yakni helikopter untuk water bombing jenis Chinook. 

"Heli ini sudah beroperasi di Sumatera Selatan dan Kalimantan. Mudah-mudahan tahun depan BNPB akan menempatkan Helikopter Chinook ini di Provinsi Riau, namun harus ada usulan dari Riau," ungkapnya. 

Usulan bantuan helikopter tersebut dapat dilakukan jika Provinsi Riau telah menetapkan status siaga darurat Karhutla tahun 2021. 

"Heli ini memiliki kapasitas full baketnya 11 ribu liter. Heli juga difungsikan untuk pengangkutan logistik, sekaligus sebagai labor udara Covid-19," jelasnya. 

Dody menambahkan, helikopter Chinook tersebut sebagai upaya peningkatan pemadaman udara dalam penanganan Karhutla. 

"Karena dalam penanganan Karhutla, BNPB selalu memberikan bantuan dukungan operasi udara, khusus bantuan helikopter untuk water bombing," tutupnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar