Dilaksanakan Secara Virtual, Wali Kota Pimpin Peringatan HUT Kota Pekanbaru ke-237

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus,MT,memotong tumpeng di HUT Ulang Tahun Kota Pekanbaru ke-237, Rabu, 23 Juni 2021.

PEKANBARU- Peringatan hari jadi Kota Pekanbaru ke -237 tahun, berlangsung secara virtual. Puncak kegiatan berlangsung di Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Rabu (23/6). 

Walikota Pekanbaru, Firdaus,MT, memimpin langsung prosesi peringatan hari jadi Kota Pekanbaru secara virtual. Tamu yang hadir terbatas dan dihadiri forkopimda kota dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sedangkan lurah dan camat mengikutinya melalui zoom meeting di kantor masing-masing. Dalam kegiatan itu juga dilakukan pemutaran video terkait perjalanan dan pembangunan 10 tahun kepemimpinan Walikota Pekanbaru. 

Kegiatan ini berlangsung secara sederhana. Puncak perayaan hari jadi ditandai dengan pemotongan tumpeng. Firdaus saat itu didampingi bersama unsur forkopimda menyerahkan potongan tumpeng pertama kepada Asisten II Setdako Pekanbaru, El Syabrina.

"Kegiatan perayaan hari jadi Kota Pekanbaru ini berlangsung secara virtual untuk menjaga protokol kesehatan secara ketat," kata Firdaus. 

Ia mengungkapkan, ada sejumlah rangkaian kegiatan pada momen hari jadi Kota Pekanbaru. Seperti ajang kejuaraan panahan Piala Walikota Pekanbaru.

Kemudian lomba yang mengajak kawula muda berkreasi. Satu di antaranya lomba membuat twibbon Hari Jadi Kota Pekanbaru menambah semarak HUT di media sosial.

Panitia penyelenggara juga menggelar vaksinasi massal bagi 2.370 orang masyarakat di sekitar Kantor Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya. Ada juga penanaman pohon di areal perkantoran.

"Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat. Membangun daerah, pemerintah tidak bisa sendiri. Ini peranan bersama sama dunia usaha masyarakat dan pemerintah," ungkapnya. 

Di hari sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus,MT, juga menyebut, HUT Kota Pekanbaru kali ini dijadikan sebagai momentum yang sangat strategis dalam menghadapi Covid-19 yang telah dialami selama 1 tahun lebih. 

Maka, semangat kebersamaan dibutuhkan dalam memerangi Covid-19 agar mampu keluar dari krisis kesehatan dan krisis ekonomi. 
 
"Untuk itu, HUT Pekanbaru pada 23 Juni ini dijadikan motivasi dalam berjuang bersama agar keluar dari dua krisis tersebut," ujarnya. 

Sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi yang menghadiri panen jagung di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai Barat pada 21 Juni, kekuatan ekonomi kerakyatan digiatkan dengan membangun kekuatan ekonomi rumah tangga.

 Tentu saja, ekonomi kerakyatan terbangun jika pemerintah daerah dan pemerintah pusat bersinergi. 

"Insya Allah terbangun ekonomi yang dapat tumbuh 7 pwesen sebagaimana diharapkan pada tahun ini. Tentunya, kita harus bersama-sama bersinergi antara masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah dalam menggerakkan perekonomian," ucap wali kota. 

Agar, Pekanbaru keluar dari krisis ekonomi. Selama pandemi Covid-19 ini, protokol kesehatan jug harus dijalankan dengan disiplin yang tinggi. Di samping itu, vaksinasi harus disukseskan demi terbentuknya kekebalan komunitas.(iky).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar