Mahyeldi soal Sumbar Tak Patuh Bermasker: Di Jakarta Ada Orang Tak Bermasker

Mahyeldi Ansharullah. (Pic.ist-net)

PADANG- Satgas Penanganan COVID-19 menyebut nama Sumatera Barat (Sumbar) sebagai satu dari 3 Provinsi dengan kepatuhan terendah menjalankan protokol kesehatan, terutama masker dan menjaga jarak. Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, berterima kasih dengan penilaian tersebut.

"Masalah nilai-menilai silakan saja, saya tidak akan berhenti pula dengan penilaian itu Kalau mengatakan begitu, ya terima kasih lah," kata Mahyeldi kepada wartawan, dikutip dari detik.com,  Kamis (5/8/2021).

Namun ia menyebut, masyarakat sudah mulai bosan menggunakan masker. Kebosanan warga menggunakan masker menjadi pemandangan di seluruh daerah di Indonesia. Bahkan, kata Mahyeldi, di Jakarta ia juga bertemu dengan orang-orang yang tidak bermasker.

"Kalau dilihat di Indonesia sekarang kan orang juga sudah bosan juga pakai masker. Tapi kebosanan-kebosanan saja. Bahkan di Jakarta sendiri. Saya ketemu aja di Jakarta ada orang-orang tidak bermasker," tambah dia.

Mahyeldi yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumbar itu mengaku tidak mau ambil pusing dengan penilaian itu. Meski begitu ia berharap pihak yang mengeluarkan pernyataan bukan hanya sekedar memberikan penilaian, melainkan memberi solusi.

"Jadi kalau mau menilai, silakan saja. Silakan menilai, tapi beri solusi. Orang menilai, semua orang bisa. Tapi bagaimana memecahkan masalah untuk itu. Saat yang tepat bukan hanya menilai atau mengkritisi, tapi mencari solusi,"kata dia.

Satgas Penanganan COVID-19 mengungkap data kepatuhan warga dalam menggunakan masker dan menjaga jarak berdasarkan desa dan kelurahan.

"Jadi tiga provinsi dengan kepatuhan memakai masker rendah adalah Gorontalo, Sumatera Barat, Maluku Utara. Sedangkan untuk jaga jarak, ini mirip, cuma bedanya Maluku Utara naik jadi peringkat kedua, Sumatera Barat jadi peringkat ketiga," kata Dewi dalam siaran YouTube BNPB, Rabu (4/8/2021).

Berikut 3 provinsi dengan kepatuhan terendah pakai masker:
1. 70,24 % kelurahan dan desa di Gorontalo,
2. 59% kelurahan dan desa di Sumatera Barat
3. 53,33% kelurahan dan desa di Maluku Utara

Berikut 3 provinsi dengan kepatuhan terendah jaga jarak:
1. 71,43 kelurahan dan desa di Gorontalo
2. 60% kelurahan dan desa di Maluku Utara
3. 56,32% kelurahan dan desa di Sumatera Barat.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar