Pekanbaru Luncurkan Layanan Publik Secara Digital ' Pekanbaru Dalam Genggaman'


PEKANBARU- Pemerintah Kota Pekanbaru terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Di era revolusi industri 4.0 berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah memiliki berbagai macam layanan publik aplikasi dan juga penyebaran informasi secara digital.

Dalam perkembangannya tidak lain untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan publik secara digital sehingga masyarakat tidak perlu banyak mengunduh berbagai aplikasi dari tiap OPD.

Pemko melalui Diskominfo Kota Pekanbaru menyiapkan sistem informasi dan layanan digital terintegrasi yang disebut dengan Pekanbaru dalam Genggaman.

Sistem Informasi dan Layanan Terintegrasi “Pekanbaru dalam Genggaman” adalah suatu sistem informasi yang menghimpun seluruh aplikasi layanan dan informasi publik yang ada di jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru.

Sistem itu memudahkan seluruh kalangan masyarakat terutama masyarakat Kota Pekanbaru, masyarakat Riau, maupun nasional untuk mengakses informasi atau mendapatkan layanan dari Pemerintah Kota Pekanbaru.

Meliputi urusan perizinan, nonperizinan, pengurusan identitas kependudukan, mendapatkan informasi investasi, ekonomi, perpajakan, retribusi, pendidikan, perdagangan, kesehatan, dan kepariwisataan.

Bahkan hingga urusan kepegawaian, CCTV Kota Pekanbaru, dan informasi publik yang semuanya itu bisa diakses dari satu system Informasi dan Layanan Digital Terintegrasi  Pekanbaru dalam Genggaman berbasis website dan android, dan Internasional yang terkoneksi ke Portal resmi Pemerintah Kota Pekanbaru www.Pekanbaru.go.id.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi dan Komunikasi Publik (PLIKP), Mawardi, S.Ag, sistem informasi digital terintegrasi itu merupakan upaya dari pemerintah menjadikan semua layanan publik menjadi satu pintu atau satu kali akses.

Sedangkan Kadiskominfo,  Firmansyah Eka Putra, ST, MT, mengatakan, aplikasi Pekanbaru dalam genggaman memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai informasi dan layanan di Kota Pekanbaru.

Awalnya, Pekanbaru dalam genggaman merupakan salah satu output dari aksi perubahan Kabid PLIKP Diksominfo Pekanbaru, Mawardi, S,Ag pada Diklat Pimpinan III Administrator.

" Kami sangat mendukung aksi perubahan yang dilakukan oleh Kabid PLIKP ini. Nantinya, Aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman akanmenjadi sebuah inovasi daerah berkat dukungan dari Wako, Wawako, dan Sekko, beserta Kadiskominfo,  kabid dan tenaga IT yang tersebar di berbagai OPD di kota Pekanbaru," kata Kadiskominfo.

Dia menambahkan, masyarakat bisa mendownload di app playstore, bisa masuk ke segala bidang pelayanan, baik kependudukan, seperti KTP, KK, KTP rusak, akte kelahiran dan pernikahan.

Begitu juga dalam hal perpajakan, masyarakat dapaat mengakses informasi pajak melalui smart pajak, urusan kepegawaian dapat mengakses informasi pegawai dari sinergi/simpeg, Dishub rekomendasi perhubungan, trayek, cctv sejumlah ruas jalan di kota pekanbaru, wisata, peluang investasi, lowongan pekerjaan dari Disnaker.

" Termasuk memantau aktivitas pendidikan dan kesehatan di kota pekanbaru. Semuanya bisa diakses dalam Pekanbaru dalam Genggaman. Mulai diluncurkan di 2 september 2021. Pekanbaru dalam genggaman akan menjadi salah satu inovasi daerah pekanbaru yang akan berkelanjutan, dan akan masuk dalam renstra diskominfo” jelas Firmansyah.

Untuk manfaat dari Sistem Informasi dan Layanan Digital Terintegrasi Pekanbaru dalam Genggaman, dengan terintegrasinya seluruh sistem informasi dalam satu tempat, maka akan membentuk jaringan kerjasama yang saling melengkapi antar stakeholder serta peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia di bidang Informasi digital dan layanan publik berbasis elektronik.

Selain itu, juga semakin meningkatnya sistem diseminasi informasi kepada masyarakat luas dan mempercepat pelayanan publik dan kepegawaian.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus,MT, mengapresasi dan mendukung sepenuhnya rencana aksi perubahan oleh Mawardi, peserta pelatihan kepemimpinan adminstrator angkatan kedua Kemendagri RI, pusat pengembangan Sumber Daya Manusia regional Bukit Tinggi.

Yang merancang aksi perubahan sistem informasi dan layanan digital terintegrasi Pekanbaru dalam genggaman.

" Dukungan dan apresiasi yang saya sampaikan mengingat, perubahan ini akan memberikan manfaat yang sangat positif dalam meningkatkan kinerja pemerintah Kota Pekanbaru terhadap layanan kepada masyarakat serta akan menjadi salah satu inovasi daerah Kota Pekanbaru dalam penyelenggaraan pelayanan informasi publik berbasiskan elektronik," tutupnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar