BPBD Riau Keluarkan ‘Peringatan Siaga’ Daerah Berikut Ini Berpotensi Banjir dan Longsor Akhir Tahun

Seorang anggota TNI menggunakan perahu memantau warga yang dilanda banjir di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Kamis (26/11/2020).(Dok. Koramil 10/Kunto Darussalam.)

PEKANBARU- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau memperingatkan adanya potensi banjit dan tanah longsor di sejumlah daerah di Riau menjelang akhir tahun 2021.

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah daerah di Provinsi Riau saat ini sudah memasuki musim penghujan. 

Seperti tahun – tahun sebelumnya, bencana banjir dan tanah longsong berpotensi akan terjadi. Sehingga masyarakat diminta untuk selalu bersikap waspada, terutama bagi mereka yang tinggal di bantaran sungai, atau yang bermukim di dataran tinggi (perbukitan)

“Langkah-langkah persiapan untuk antisipasi sudah dilakukan oleh BPBD di setiap kabupaten/kota,” kata Kepala BPBD Provinsi Riau Edy Afrizal.

Dia mengungkapkan, upaya pencegahan yang dilakukan tak lain hanya untuk meminimalisir dampak bencana. Lagi pula, setiap daerah di Riau memiliki karakter alam yang berbeda-beda mengingat Riau terdiri dari daratan dan pesisir.

Dalam catatan BPBD, kata dia, memang ada sejumlah daerah di Riau berpotensi rawan longsor dan banjir. Seperti Bengkalis, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu dan Rokan Hilir. “Ini daerah yang rawan banjir,” jelasnya, dikutip dari bertuahpos.com.

Sedangkan untuk daerah kategori rawan longsor, yakni di Kuantan Singingi, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir. Kedua bagian darah ini berada dalam geografis yang berbeda (daratan dan pesisir).

“Kami minta kawan-kawan di daerah akan selalu membuat laporan jika memang terjadi bencana di daerah masing-masing. Kami siap untuk bantuan personel dan peralatan. Tapi kita harap bencana tidak terjadi,” tuturnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar