Pendataan THL Pemko Tuntas, Terbanyak di DLHK Pekanbaru

Ilustrasi - Internet

PEKANBARU- Pemerintah Kota Pekanbaru sudah tuntas mendata jumlah Tenaga Harian Lepas dari seluruh Organisasi Perangkat Daerahnya. Dari total 8.900 orang yang terdata, terbanyak berada di Dinas Linbgkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru dengan jumlah sekitar 1.600 orang.

"Semua THL kita yang ada di OPD jumlahnya mencapai 8.900 an. Itu semuanya. Paling banyak di DLHK dengan jumlahnya mencapai sekitar 1.600 orang," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil, Rabu (29/6/2022).

Pendataan yang dilakukan, untuk menindaklanjuti peraturan pemerintah pusast terkait penghapusan THL di lingkungan pemerintah pada tahun 2023 mendatang.

Total jumlah keseluruhan THL itu mencakup tenaga ahli yang digabungkan dan juga sopir, pramusaji, cleaning service (CS) termasuk satpol PP, Damkar, Dishub, penyapu jalan, operasional dan perawatan (OP) di PUPR dan Perkim dan termasuk guru yang masuk juga di kategori THL.

Jamil, mengatakan, terkait bagaimana nasib para THL itu, Pemko saat ini memang masih mendata saja dan ini akan menjadi acuan jika seandainya pemerintah pusat meminta data itu Pemko sudah menyiapkannya.

"Umpamanya berapa jumlah THL, nah kita  sodorkan. Ini lho data semuanya. Dan inikan rata-rata di semua bidang pelayanan baik di bidang layanan penyapuan jalan, layanan di perkantoran, layanan pada informasi kemasyarakatan dan lainnya," jelasnya. 

Jamil menambahkan, ASN yang ada di Kota Pekanbaru masih terbatas. Apalagi ada rencana pemerintah pusat untuk menghapus THL pada tahun 2023 mendatang. 

"Kita berharap kepada pemerintah, kalau seandainya tenaga harian lepas ini dihapus, kita berharap kuota untuk CPNS sudah dibuka," imbuhnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar