Cegah Penyebaran PMK, 4 Ribu Ekor Sapi di Riau Sudah Divaksinasi

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.

PEKANBARU - Guna menekan laju penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Provinsi Riau, pemerintah daerah di Riau terus menggesa pelaksanaan vaksinasi untuk hewan ternak di Provinsi Riau.

Hingga saat ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau mencatat, capaianvaksinasi untuk hewan ternak di Riau sudah mencapai 4.160 ekor.

Paling banyak ada di Pekanbaru yang sudah mencapai 1.000 dosis. Sedangkan yang paling rendah ada di Kabupaten Indragiri Hilir yang baru terealisasi 57 dosis.

Hingga saat ini pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian sudah mendistribusikan vaksin untuk hewan ternak ke Provinsi Riau sebanyak 7.400 dosis. Yang dibagikan secara bertahap ke 12 kabupaten kota di Riau. 

Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama dengan target 7.400 ekor sapi dilaksanakan sejak 25 Juni 2022 sampai dengan 7 Juli 2022. 

“Saya berharap Kabupaten/Kota semuanya dapat mendukung pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan target,” kata Kepala Dinas PKH Riau, Herman, MT, Senin (4/7/2022).

Sebelumnya Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan, saat ini di Pemerintah Propinsi Riau akan terus memantau pelaksanaan vaksinasi di lapangan. Ia sebutkan vaksinasi dilaksanakan pada sapi-sapi dengan kondisi sehat dan belum pernah terjangkit PMK.

“Saya berharap vaksinator segera mempercepat pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan prosedur pada hewan sehat dan bekerjasama dengan instansi terkait di lapangan. Melalui vaksinasi ini dapat mengurangi percepatan penyebaran penyakit,” katanya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar