Diprediksi Rp66 Miliar, Pemko Siapkan Anggaran Pemilu di Tahun Depan

Sekdako Pekanbaru, Muhammad Jamil

PEKANBARU- Kebutuhan anggaran dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Kota Pekanbaru, diprediksi mencapai Rp66 Miliar. 

KPU dan Bawaslu telah mengajukan permintaan dana itu ke Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru beberapa waktu lalu. Kebutuhan anggaran untuk pemilihan walikota Pekanbaru pada 2024 mendatang. Pemko Pekanbaru bisa mencicil anggaran hingga 2024 mendatang. 

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Muhammad Jamil, mengatakan, pemerintah kota mempersiapkan anggaran itu mulai tahun 2023. 

"Iya, di tahun 2023 baru," kata Muhammad Jamil, Minggu, (16/10/2022). 

KPU dan Bawaslu Pekanbaru bisa menggunakan anggaran tersebut mulai tahun depan untuk persiapan pesta demokrasi di tahun 2024. Proses penganggaran pemilu bakal berlangsung secara bertahap.

Apalagi sejumlah tahapan pemilu sudah mulai berlangsung tahun ini. Dirinya menyebut, pemerintah pusat juga mengingatkan, struktur APBD sudah memuat anggaran tahapan Pemilu 2024.

Tahun 2023 sudah ada kegiatan dalam rangkaian Pemilu. Jamil menyampaikan, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pekanbaru menghitung yang dianggarkan untuk tahapan pemilu tahun ini.

Sedangkan besarannya sesuai dengan kebutuhan dalam tahapan Pemilu. Anggaran itu juga akan masuk dalam APBD tahun 2023 mendatang. 

"Kita sudah mulai memasukkan anggaran Pemilu 2024 pada APBD tahun depan," jelasnya. 

Pemerintah kota juga sudah berkomunikasi dan melakukan kunjungan ke KPU sebagai bentuk dukungan  dalam penyelenggaran Pemilu 2024.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar