IKA SKMA PENGDA RIAU Gelar RAKERDA dan Pengukuhan Pengurus Periode 2022-2027


PEKANBARU- Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) Pengurus Daerah (Pengda) Provinsi Riau, menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) berikut pengukuhan pengurus masa bakti 2022-2027, Sabtu, (22/10/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin ketua, Alek Kurniawan,SP, M.Si, yang telah terpilih dalam Musda IKA SKMA Pengda Provinsi Riau yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Pengukuhan pengurus dilakukan Pengurus Pusat (PP) IKA SKMA diwakili oleh Wakil Ketua Umum II, Kamaruddin S.Hut T, yang juga menjabat sebagai Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutahanan Pekanbaru (alumni SKMA Ujung Pandang tahun 1993).

Turut disaksikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, DR. H. Mamun Murod, MM, Kepala UPT Kementerian LHK RI, Pengurus Cabang IKA SKMA Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau dan seluruh anggota pengurus IKA SKMA Pengurus Daerah Provinsi Riau.

Sekitar 150an peserta tampak hadir dalam acara yang digelar di Hotel Furaya Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman.

Untuk nama- nama yang dikukuhkan di antaranya adalah Alek Kurniawan, SP, M.Si selaku Ketua, Syafruddin Perwira Negara, SP sebagai sekretaris dan Nelmayati, SE, SP selaku Bendahara.

Dalam sambutan awalnya, Alek Kurniawan, mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi atas kehadiran peserta dan seluruh undangan dalam kegiatan Rakerda yang digelar.

Ia menyampaikan, IKA SKMA adalah organisasi profesi yang dibentuk atas dasar kesamaan kegiatan, fungsi dan kekeluargaan yang diharapkan terus menerus menorehkan kebaikan bagi lingkungan sekitar. 

Bahkan, Alek Kurniawan, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru itu juga menyinggung berbagai isu strategis.

Di antaranya tentang perubahan iklim, kerusakan ekosistem, kelangkaan air bersih, pengangguran dan kemiskinan serta ketidakadilan merupakan diantara kompleksitas persoalan yang dihadapi melampaui disiplin ilmu ataupun kewenangan tunggal sebuah lembaga, sektor, bahkan negara. 

IKA SKMA, kata Alek, menjadi bagian dari sosial capital yang harus bersinergi dengan banyak elemen lain yang mempunyai komitmen saat ini.

Bukan hanya menjaga, memelihara dan melestarikan hutan saja, namun termutakhir sebagai bagian dari sosial kapital. IKA SKMA juga berkewajiban untuk ikut serta dalam suksesi penuntasan isu-isu strategis tersebut. 

Apalagi saat ini, para alumnus SKMA sudah beraktivitas di berbagai profesi yang sebagian besar menjadi Aparatur Sipil Negara, yang berdinas di lintas sektor, baik pusat maupun daerah. Ada pula sebagai pengusaha, politisi dan profesi lain.

Mantan Sekretaris DPRD Pekanbaru itu berkeyakinan lewat nilai-nilai positif 'semangat jiwa korsa rimbawan' yang sudah diperlihatkan anggota IKA SKMA selama ini mampu menjadikan IKA SKMA sebagai panutan sekaligus wadah yang dapat meng-akomodir kegiatan positif di lingkungannya masing-masing.

“Makanya kami mengajak seluruh alumni yang tergabung dalam IKA SKMA Pengda Riau, untuk saling mendukung dan bersinergi sebagai bagian solutif dari isu-isu strategis yang ada, tentu disesuaikan dengan profesi yang dijalani masing-masing," kata Akur, sapaan akrab ketua IKA SKMA itu.

Akur, juga mendorong anggota kepengurusan yang sudah dikukuhkan bersatu-padu menyukseskan program kerja organisasi, baik yang sifatnya tahunan dan lima tahunan. 
 
Lebih lanjut ayah tiga anak itu menitipkan harapan kepada pimpinan di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau dan UPT Kementerian LHK agar dapat memanfaatkan peran alumni SKMA secara professional. 

Begitu juga kepada alumni, Akur, berharap dan mengajak alumni untuk dapat menunjukkan jiwa profesionalismenya dalam mencapai visi misi di organisasi masing-masing. Dengan demikian menurutnya, hal itu tentu akan membesarkan nama IKA SKMA itu sendiri.

" Selamat melaksanakan rapat kerja, semoga IKA SKMA Riau semakin berkembang maju, mampu mengharumkan nama Riau di masa-masa yang akan datang, SKMA Selamanya!!!!," tutup Akur sembari meneriakkan yel-yel menyemangati kepesertaan Rakerda.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Umum PP IKA SKMA, Kamaruddin S.Hut T, yang dalam sambutannya berharap kepengurusan baru yang sudah dikukuhkan agar mampu menghimpun seluruh sumberdaya yang ada guna pengembangan organisasi. 

Bak gayung bersambut, hal serupa juga diorasikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, DR. H. Mamun Murod, MM yang juga bertindak selaku Dewan Pembina IKA SKMA Pengda Riau.

Dia sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan dan berharap para alumni yang tergabung dalam kepengurusan agar dapat mengembangkan potensi untuk bersaing dalam dunia kerja sesuai profesi masing-masing yang digeluti alumni saat ini.

Dijadwalkan, giat IKA SKMA itu akan berlangsung hingga sore hari dengan agenda pelaksanaan Rakerda.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar