Sempat Ditiadakan, Tahun Ini Pemko Kembali Gelar Petang Megang

Iustrasi kirab budaya petang megang di Kota Pekanbaru. (sumber internet)

PEKANBARU- Setelah sempat ditiadakan sejak beberapa tahun terakhir akibat pandemi Covid-19, di 2023 ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan kembali menggelar Petang Megang atau Mandi Balimau sambut Ramadhan 1444 H.

"Petang Megang ini nanti akan kita laksanakan H-1 (Ramadhan)," ungkap Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, usai memimpin rapat koordinasi persiapan kegiatan Potang Balimau dan Festival Lampu Colok tahun 2023, rapat koordinasi kesiapan HUT Satpol PP,  HUT Damkar dan HUT MPP tahun 2023, bertempat di ruang rapat Multimedia lantai tiga MPP, Kamis (2/3/2023) sore.

Seperti biasa, kata dia, kegiatan Petang Megang nanti akan dipusatkan di pinggiran Sungai Siak, Kecamatan Senapelan.

"Kegiatannya, pertama ziara ke makam Marhum Pekan (pendiri Kota Pekanbaru), kemudian Shalat Azhar di Masjid Raya Senapelan, setelah itu kita bergerak ke Rumah Singgah Tuan Kadi. Di situ akan ada serangkaian acara seperti memandikan anak-anak yatim," ucapnya.

Dalam rapat tersebut, terang Indra, ada juga berbagai usulan untuk meramaikan kegiatan Petang Megang yang memang sudah menjadi tradisi di Ibukota Provinsi Riau guna menyambut Bulan Suci Ramadhan.

"Usulan-usulan yang disampaikan tadi seperti patroli dari Satpolairud dan lomba permainan rakyat, permainan tradisional. Ini akan kita matangkan menjelang hari H nanti," tutupnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar