Wako Intruksikan Bangun Bank Wakaf Mikro

Wali Kota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, ST, MT saat menghadiri Silaturahmi Nasional Bank Wakaf Mikro di Ballroom Hotel Mulia Senayan, Selasa (10/12)

PEKANBARU -- Performa Bank Wakaf Mikro (BWM) yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2017 belum mumpuni. Hingga kini, 55 Bank Wakaf Mikro yang terbentuk baru berhasil menyalurkan pembiayaan senilai Rp 31,5 miliar.

Presiden Joko Widodo menyatakan Bank Wakaf Mikro (BWM) terus perlu didorong untuk berkembang. Ini bertujuan guna menciptakan ekosistem usaha mikro yang besar.

"Ekosistem mikro sudah terbentuk, kini tinggal peningkatan kemampuannya meski butuh waktu. Bank Wakaf Mikro akan segera bertambah, selain itu ada pula Program Mekaar yang kini sudah punya 5,9 juta nasabah, KUR juga akan terus ditingkatkan," katanya.

Selain punya potensi yang besar, usaha mikro dan kecil disebut Joko Widodo juga kualitas pembiayaan yang baik. Ini tercermin dari minimnya rasio non performing loan (NPL) alias kredit bermasalah yang berada di bawah 1%.

Menanggapi hal ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bertindak cepat untuk rapat bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau di Jakarta, pada Selasa (10/12/2019).

Rapat ini terkait pembentukan Bank Wakaf Mikro di Pekanbaru pada tahun 2020 mendatang. Di Provinsi riau sendiri baru ada dua BWM yakni di Siak dan Rokan Hulu.

"Melihat potensi BWM, kami meminta OJK Riau untuk memandu Pemko Pekanbaru dalam pembentukan BWM ini. Kota Pekanbaru memiliki potensi besar, jika BWM terbentuk," ujar Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT didampingi Kepala Bagian Humas Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman.

Disebutkan Mas Irba, Wali Kota akan mengevaluasi Usaha Ekonomi Kecamatan Simpan-Pinjam (UEK-SP). Nantinya UEK-SP) akan diganti dengan Lembaga Keuangan Masyarakat (LKM).

"LKM ini nantinya yang menopang Bank Wakaf Mikro. Pemko juga akan mengkolaborasikannya dengan Masjid Paripurna. Kita yakin ada potensi besar jika itu dikombinasikan. Pasalnya tadi, Kita juga meminta Kepala Bapeda Pekanbaru yang juga sebagai Ketua harian menyangkut CSR untuk menyiapkan formulanya," ujarnya.


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar