Wako Berharap LPM jadi Mitra Pemerintah Bangun Lingkungan

Wako Pekanbaru, Firdaus, saat gotong royong di bulan Bhakti LPM 2019.

PEKANBARU-Walikota Pekanbaru, Firdaus,MT, berharap, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) menjadi mitra pemerintah membangun lingkungan untuk menciptakan masyarakat yang berkualitas.

" Kita berharap LPM jadi mitra pemerintah untuk membangun lingkungan dan menciptakan masyarakat berkualitas," kata dia usai melaksanakan gerak jalan santai dalam rangka memperingati  bulan bakti LPM 2019 di area Water Front City Rumah Singgah Tuan Kadi, Rabu (18/12/2019).

Lingkungan kata Wako, memberikan kontribusi besar terhadap kesehatan masyarakat yakni  mencapai 40persen. 
Gaya hidup dan pola makan sebesar 25persen, pelayanan kesehatan hanya 20persen dan genetik sebesar 10persen.

Karena itulah kesehatan lingkungan menjadi utama yang harus diprioritaskan. Sejauh ini Wako, menilai untuk hal itu masih belum maksimal. Sebab berdasarkan temuan di lapangan masih ada ditemukan parit mati dan limbah yang belum terkelola dengan baik.

" Tadi kita masih menemukan parit yang mati
Kemudian limbah, itu bukan limbah domestik  padat tapi limbah cair. Parit juga masih ada yang dipenuhi minyak dari limbah rumah makan dan restoran," kata Firdaus.

Dia juga menerangkan bebeberapa waktu lalu pernah menemukan limbah medis yang berserakan di jalanan. Itu terjadi di Kecamatan Rumbai.

" Ke depan saya minta semua pihak menjaga lingkungan dan limbah. Bukan hanya domestik sampah tapi cair juga. Dengan bulan bhakti LPM ini ke depan kesadaean masyarakat terhafap lingkungan bisa benar-benar tumbuh," harapnya 

Kegiatan itu diikuti pengurus LPM Kelurahan, Kecamatan dan Kota se-Kota Pekanbaru.(iky).

 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar