Sempena HPN & HUT PWI, Jumlah Pendonor Darah Lampaui Target

Bakti sosial donor darah sempena Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-74 berlangsung sukses.

PEKANBARU - Bakti sosial donor darah sempena Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-74 berlangsung sukses. 

Terbukti, dari total 74 kantong darah yang ditargetkan berhasil terkumpul sebanyak 96 kantong darah. 

"Pada tahun lalu kita berhasil mengumpulkan 84 kantong darah. Dan alhamdulillah pada bakti sosial donor darah kali ini, kita bisa mengumpulkan 96 kantong darah dari para pendonor. Dari 96 kantong darah ini, 38 di antaranya berasal dari kawan-kawan wartawan anggota PWI," sebut Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang usai kegiatan bakti sosial donor darah PWI Riau Peduli bersama Insan Pers dan Mitra yang berlangsung di Atrium Siak, Lantai 1 Mall SKA Pekanbaru, Selasa (28/01/2020).

Zulmansyah menyebut, donor darah PWI Riau yang didukung PMI Kota Pekanbaru dan mitra ITU diikuti oleh TNI AD, TNI AU, Polri, FKPPI, karyawan Mall SKA, SKK Migas, Chevron, dan K3S lainnya. Selain itu, juga disupport oleh RS Awal Bros, Eka Hospital, Aulia Hospital, Prodia dan RS Hermina Pekanbaru.

"Kita mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para mitra seperti SKK Migas, PMI Kota Pekanbaru dan Rumah Sakit yang telah ikut mendukung kegiatan donor darah ini. Semoga pada tahun depan kerja sama ini bisa meningkat lagi," ujar Zulmansyah yang akrab disapa Zum.

Dalam rangka HPN tahun 2020 ini, sebut Zulmansyah, setiap kegiatan yang dilaksanakan ada pencabutan doorprize Bentuk doorprize yang diberikan yakni studi jurnalistik ke luar negeri.

"Insya Allah, dooprize yang kita cabut di setiap kegiatan yakni jalan-jalan ke luar negeri. Dan untuk kegiatan donor darah yang beruntung ada dua orang yakni Deslina dan Prikles Nababan," sebut Zulmansyah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, M Noer MBS, mengatakan, bakti sosial donor darah yang ditaja PWI Riau ini adalah salah satu kegiatan yang mendukung Palang Merah Indonesia (PMI) untuk menyediakan pemenuhan stok darah di UGD PMI Kota Pekanbaru. Dimana UGD Kota Pekanbaru setiap bulan menyiapkan 6.000 sampai 8.000 kantong darah. 

Sebelum didistrusikan, sebut Ketua PMI Kota Pekanbaru ini, darah-darah tersebut diolah. Dari 6.000 sampai 8.000 kantong darah itu, setelah diolah didapatlah sebanyak 5.000 bahkann 7.000 kantong darah. Karena bisa saja satu kantong darah itu bisa menjadi dua kantong ukuran besar dan kecil. 

"Makanya kami sampaikan 6.000 sampai 8.000 itu adalah total kebutuhan darah yang kita berikan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. Karena itu, kegiatan yang ditaja oleh PWI Riau ini adalah dalam untuk memenuhi stok darah. Dan kami setiap hari tidak pernah berhenti mencari sumber-sumber untuk menyiapkan stok darah melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh berbagai masyarakat. Dan harapan kami PWI Riau melalui Program PWI Riau Peduli ini juga mendorong memotivasi, disamping anggota wartawan sendiri," katanya.


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar