Diskes Pekanbaru Akan Gelar Pengobatan Gratis Tuberkulosis di Rutan dan Ponpes

Poto Internet.

PEKANBARU- Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru akan melakukan Skrining atau pemeriksaan gratis Tuberkulosis (TB). Pemeriksaan gratis terkait peringatan hari Tuberkulosis (TB) sedunia yang jatuh pada 24 Maret.

Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Muhammad Amin melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maisel Fidayesi kepada media mengatakan, ada beberapa sasaran yang menjadi fokus dalam pemeriksaan dan menemukan masyarakat yang terpapar TB yang akan dilakukan Kamis (26/3/2020). 

Diantaranya, Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk, Lapas Klas II Pekanbaru, dan Pondok Pesantren (Ponpes).

"Kami selenggarakan dalam satu hari skrining itu, dan ada tiga sasaran. Itu dalam menyambut hari TB sedunia," kata Maisel, Jumat (13/3/2020).

Dalam kegiatan nanti dikatakan Maisel, akan melibatkan 21 Puskesmas yang tersebar diseluruh kecamatan di Pekanbaru.

Upaya ini dilakukan Diskes untuk memutus penyebaran virus TB di tengah masyarakat. Dengan upaya penemuan kasus TB pada seseorang yang terjangkit, dapat memutus mata rantai penularan ke 10-15 orang disekitarnya. 

"Karena kalau 1 orang yang terkena TB, maka 10 sampai 15 orang disekitar yang terjangkit tadi juga dapat terjangkit akibat penularan virus," ujarnya. 

TB sendiri dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal batasan usia. Namun, dapat dicegah dan diobati dengan mengkonsumsi obat rutin selama enam bulan.


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar