Pekanbaru Jalin Kerjasama Berbagai Bidang dengan Dua Daerah di Sumbar


PEKANBARU- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menjalin kerjasama di berbagai bidang dengan dua daerah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di antaranya Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Walikota Pekanbaru Firdaus bersama Bupati Solok Epyardi Asda dan Bupati Tanah Datar Eka Putra.

MoU dengan Bupati Tanah Datar dilangsungkan di Aula Batusangkar pada Selasa (29/6/2021), dan MoU bersama Bupati Solok dipusatkan di Bukit Cinang Kiek, Rabu (30/1/2021).

Berdasarkan draf MoU tersebut, ada kerjasama yang dijalin Pemko Pekanbaru dan Pemkab Tanah Datar di antaranya kerjasama di bidang sumber daya alam, teknologi, pariwisata, pelayanan dan birokrasi.

Sementara dengan Pemkab Solok dijalin kerjasama di bidang pembangunan.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang terjalin dengan Kota Pekanbaru.

"Kami menyambut gembira dengan kerjasama yang terjalin ini. Sebagaimana kita ketahui semua, Kota Pekanbaru di bawah kepemimpinan Bapak Firdaus mengeliat menjadi kota metropolitan. Tentu itu juga yang diharapkan di Kabupaten Tanah Datar," ucapnya.

Walikota Pekanbaru Firdaus, menerima cinderamata dari Bupati Tanah Datar Eka Putra usai penandatanganan kerjasama di berbagai bidang.

Sementara itu, Bupati Solok menilai pembangunan Pekanbaru yang pesat di berbagai sektor menjadi motivasi bagi pihaknya menjalin kerjasama dengan Pemko Pekanbaru.

"Pekanbaru bukan kota yang asing bagi saya. Tapi soal pembangunan, saya lihat sendiri sangat luar biasa. Jujur saya katakan, Pekanbaru saat ini sangat luar biasa," ujarnya.

Kepada Bupati Solok dan Tanah Datar, Walikota Pekanbaru Firdaus menyampaikan bahwa pesatnya pembangunan Pekanbaru saat ini tidak lepas dari peran semua pihak. Tidak hanya pemerintah, namun juga peran masyarakat yang dalam konsep ini menjadi masyarakat yang Madani.

Untuk itu, melalui kerjasama yang terjalin dengan Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok, Firdaus berharap bisa menjadi salah satu lokomotif perkembangan bersama di wilayah Pulau Sumatera.

"Sumbar ada alam yang indah, termasuk Batusangkar dan Tanah Datar. Ini sudah satu keunggulan, tinggal bagaimana kita mengembangkannya. Harapan dengan kerjasama yang terjalin ini bisa menjadi lokomotif bersama untuk mencapai Indonesia Maju ke depannya," tutupnya.


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar