Rakernas Apeksi di Padang, Wacana Penghapusan THL Jadi Isu Utama

Sekdako Pekanbaru, Muhammad Jamil

PEKANBARU- Hingga kini, nasib Tenaga Harian Lepas (THL) di Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum ada kepastian. 

Sebab terkait wacana penghapusan THL oleh pemerintah pusat di tahun depan juga belum ada kejelasan.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan, penghapusan THL itu menjadi salah satu isu penting yang akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XV yang digelar di Kota Padang pada tanggal 7-10 Agustus 2022.

Jamil menyebut, nantinya ada beberapa hal yang akan dibahas dalam Rakernas Apeksi. Mereka juga berupaya mencari kepastian terkait nasib para THL. 

"Yang pertama adalah masalah THL atau pegawai honorer yang saat ini menjadi polemik. Di daerah itu nanti kalau seandainya tidak dianggarkan, tentu nanti akan berimbas kepada pelayanan yang ada di daerah, nah isu itu yang diangkat nanti salah satunya," ujar Jamil, Selasa (9/8).

Menurutnya, hal lain yang bakal dibahas adalah berkaitan dengan program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Karena sesuai arahan presiden, daerah wajib membina dan mengelola UMKM daerah.

"Jadi kita di Rakernas apeksi ini akan saling berbagi, cari formula yang bagus seperti apa. Apakah nanti ada memberikan bantuan di daerah untuk UMKM atau seperti apa akan kita bahas," terangnya. 

Sementara, untuk Pemko Pekanbaru tidak ada menyampaikan isu khusus yang akan dibahas dalam Rakernas Apeksi. 

"Kita hanya membawa isu secara bersama-sama saja. Jadi hasilnya nanti  berbentuk rekomendasi yang akan disampaikan kepada presiden," ungkapnya.

Selain itu kata Jamil, Rakernas Apeksi itu juga sebagai ajang silaturahmi daerah juga terkait pariwisata daerah masing-masing. 

Sejumlah daerah mempromosikan keunikan budaya dan hasil kerajinan UMKM.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar