Puluhan Kendaraan Mogok

Diguyur Hujan Deras, Jalan Lembah Raya Mirip Danau

Kolase banjir di Jalan Lembah Raya dan Lokomotif Kota Pekanbaru

PEKANBARU- Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru selama dua hari sejak Selasa- Rabu,(23-24/1), memunculkan sejumlah persoalan bagi masyarakat.

Bukan hanya merendam sejumlah wilayah pemukiman, banjir turut melumpuhkan lalulintas pengendara yang hendak menjalankan aktivitasnya.

Seperti yang terjadi di Jalan Lembah Raya, Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya,Rabu,(24/1/2023).

Pantauan di lokasi, tak sedikit kendaraan mogok karena nekat menerobos tingginya genangan air yang merendam jalan yang sudah menyerupai danau.

Genangan itu muncul akibat meluapnya Sungai Batak yang bersebelahan langsung dengan jalan tersebut.

" Kalau sejak pagi sudah ada puluhan sepeda motor yang mogok. Ada juga peralatan mobil yang copot tanpa sepengetahuan pemiliknya," ujar, Anggi, warga sekitar yang menjadikan situasi banjir sebagai sarana untuk mencari uang dengan mengatur kendaraan yang coba melewati jalan tersebut.

Anggi, menerangkan, genangan air di jalan itu mulai pasang sekira Pukul 10.00 WIB pagi. Diapun tak heran dengan kondisi seperti itu sebab bukan terjadi sekali ini saja bahkan bisa disebut sudah langganan setiap hujan turun.

" Lumayanlah buat nambah- nambah uang jajan. Kalau untuk jumlah uang yang diberikan pengendara ke kami itu bervariasi sesuai kerelaan mereka saja," jelas Anggi, ditimpali beberapa orang temannya di lokasi.

Penuturan berbeda justru disampaikan Ijum, yang juga warga sekitar. Dia mengatakan, miris melihat warga yang tetap nekat melewati Jalan Lembah Raya dengan kondisi yang sudah tidak memungkinkan itu.

Betapa tidak, dengan nekatnya warga melewati jalan berakibat buruk terhadap rumah yang dia tempati tepat berada di pinggir Jalan Lembah Raya.

" Saya heran juga lihat orang- orang ni. Dah jelas banjir masih juga keras mau lewat. Lihatlah pagar dan dinding rumah saya tanggal- tanggal dibuatnya," cetus Ijum.

Selain di Jalan Lembah Raya, banjir juga menggenangi Jalan Lokomotif tepatnya di sekitaran sekolah Kalam Kudus.

Di lokasi itu juga puluhan kendaraan roda dua mogok akibat nekat menerobos tingginya genangan air di sana.

Sudah Dinormalisasi Tetap Banjir

Seperti diketahui, Sungai Batak sudah pernah dinormalisasi awal Bulan Mei Tahun 2022 lalu.

Namun upaya tersebut tampaknya belum membuahkan hasil dibuktikan dengan masih banjirnya lokasi Jalan Lembah Raya hingga saat ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekanbaru, Edwar Riansyah, dikonfirmasi terkait banjirnya Jalan Lembah Raya itu mengatakan, akan menormalisasi ulang Sungai Batak.

" Iya memang sudah pernah dinormalisasi itu Sungai Batak. Sekarang kami sedang berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera III dan sedang memproses MoU dengan Pemko Pekanbaru untuk normalisasi ulang tahun ini," singkatnya.***
 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar