Dinas Perdagangan Pekanbaru Teken Perjanjian Kerja Sama dengan Disperdagkop dan UMK Kampar

Dinas Perdagangan Pekanbaru Teken Perjanjian Kerja Sama dengan Disperdagkop dan UMK Kampar

PEKANBARU- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, menerima kunjungan kerja dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (UMK) Kabupaten Kampar, Selasa, (13/2/2024).

Pada kesempatan tersebut juga diadakan penandatanganan perjanjian kerja sama Bidang Kemetrologian yang dilakukan langsung Kepala DPP Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin dengan Kepala Disperdagkop dan UMK Kampar, H. Dendi Zulhairi, didampingi Kepala UPT Metrologi Legal Kampar, Adi Ismanto.

Ada beberapa objek kerjasama dalam  perjanjian itu, salah satunya terkait Sumber Daya Manusia kemetrologian dan sarana dan prasarana.

"Karena sudah ada MoU sebelumnya, tadi kita tandatangani kerjasamanya. Dengan daerah Pekansikawan," kata Kepala DPP Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin.

Menurutnya, ada beberapa hal yang juga akan dikerjasamakan dalam bidang perdagangan. Terutama dalam upaya pengendalian inflasi, dan menjamin ketersediaan bahan pokok dari daerah penghasil.

Pria yang akrab disapa Ami itu mencontohkan, pasokan ayam potong di Pekanbaru 85 persen didatangkan dari daerah Kabupaten Kampar dan Pelalawan.

Dengan adanya kerjasama diharapkan bisa saling berkomunikasi dan menjamin ketersediaan pasokan yang masuk.

"Dari informasi yang kami dapat dari pedagang, jadi kandang besarnya itu di sana. Jadi dengan kerjasama kita harapkan bisa lakukan pengawasan sampai ke hulunya," terang Ami.

Termasuk juga mengantisipasi lonjakan harga jelang masuknya Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri. Karena Pekanbaru sendiri bukan daerah penghasil dan Ami menilai, harus banyak kolaborasi dengan berbagai pihak lainnya.

"Pekanbaru ini kota jasa, dan bagaimana kita bisa menjaga suplay dan rangkai pasok jangan terlalu banyak. Karena kalau terlalu banyak sampai ke pasar itu harga sudah mahal. Kita berharap ke depan pendataan kebutuhan pokok bisa lebih valid untuk memenuhi kebutuhan pasokan di Pekanbaru," ungkapnya.

DPP juga tetap akan melakukan evaluasi terhadap kerjasama yang telah dilakukan dengan berbagai daerah sebelumnya.***

 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar