Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru Gelar Sosialisasi B2SA di GPM Bukit Barisan

DKP Kota Pekanbaru menggelar Bimbingan dan Penyuluhan tentang penerapan pola konsumsi pangan B2SA bersamaan dengan pelaksanaan GPM di Halaman Masjid Raudhatus Shalihin, Jalan Bukitbarisan, Kecamatan Kulim

PEKANBARU- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru menggelar Bimbingan dan Penyuluhan tentang penerapan pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) bersamaan dengan pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diadakan Kamis (29/2/2024), di Halaman Masjid Raudhatus Shalihin, Jalan Bukitbarisan, Kecamatan Kulim.

Kegiatan bimbingan dan penyuluhan lapangan tersebut dipimpin Kepala Bidang (Kabid) Konsumsi dan keamanan Pangan Yarnengsih Alam, beserta jajaran.

Menurut Neneng, sapaan akrab Kabid itu, kegiatan penyuluhan yang diadakan merupakan upaya dari DKP Kota Pekanbaru untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pola konsumsi pangan yang B2SA.

"Selama ini mungkin ibu-ibu tahunya 4 Sehat 5 Sempurna. Nah, sekarang pemerintah memperkenalkan B2SA sebagai pola konsumsi yang lebih terukur dan sesuai dengan kondisi dari target konsumsi," kata Neneng.

B2SA, bukan hanya menggambarkan setelah makan berarti sudah sehat namun lebih dari itu yakni sebagai sarana untuk peningkatan ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan berbasis pada potensi sumber daya lokal.

Pada kesempatan itu, Neneng, juga menjelaskan tentang pola konsumsi pangan yang baik untuk kesehatan. Sebab belum tentu pangan yang dibeli dengan tampilan bagus menjamin kualitasnya bagi kesehatan.

Karena itulah, Neneng, meyakini pemerintah penting hadir untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang makanan yang boleh dan layak untuk dikonsumsi.

" Kami menyarankan, apapun itu makanan yang akan dikonsumsi, sebaiknya dipastikan betul kualitas kesehatannya, apakah benar-benar memenuhi syarat untuk dikonsumsi. Dan yang terpenting sebelum mengonsumsinya makanan itu harus bersih dengan cara dicuci menggunakan air yang mengalir," jelas Neneng, dihadapan kaum ibu di lokasi GPM tersebut.

Saat kegiatan itu berlangsung, Yarnengsih Alam, didampingi Koordinator Penganekaragaman Konsumsi Pangan, Dewi Sri Rejeki Sukmela dan Koordinator Keamanan Pangan DKP Pekanbaru Ceria Dona Lagizasvera.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar