Luncurkan 17 Aplikasi Layanan Kepegawaian

Wako :Kelola Aplikasi Secara Profesional

Pemko Pekanbaru Launching 17 Aplikasi Layanan Kepegawaian

PEKANBARU- Wali Kota Pekanbaru,Firdaus, MT, berpesan kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengelola aplikasi secara profesional. Salahsatunya dengan menempatkan petugas khusus agar bisa beroperasi optimal untuk mempermudah layanan kepegawaian.

Pernyataan itu disampaikan orang nomor satu di Pekanbaru saat kegiatan peluncuran belasan aplikasi layanan kepegawaian di salahsatu hotel di Pekanbaru, Kamis,(28/11/2019).

Dia juga mengingatkan kepala OPD agar memberikan pembekalan bagi petugas yang mengelola sesuai tema yang diusung' Aparatur Cerdas, Sistem Kerja Cerdas dan Budaya Kerja Cerdas Menuju ASN Kelas Dunia', 

"Nantinya harus ada operator yang bertugas khusus di tiap OPD untuk menjalankan dan mengelola aplikasi. Dan ini merupakan capaian yang sangat positif," katanya.

Wako berharap, dengan dilaunchingnya belasan aplikasi tersebut para Aparatur Sipil Negara dapat mengaplikasikannya dalam pekerjaan sehingga semua wajib bisa dan tidak ada lagi pegawai yang tidak cakap teknologi.

"Saya juga berharap kedepannya ASN dapat menunjukkan diri sebagai OPD yang terdepan dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk mencitrakan seluruh kebijakan dan pembangunan yang dilakukan pemerintah," harap Firdaus.

Aplikasi yang diluncurkan terdiri dari sistem informasi tentang data kepegawaian, kenaikan gaji berkala, izin belajar, kenaikan pangkat dan penghargaan satya lencana. Ada juga aplikasi pemberian cuti pegawai, e -SKP, capaian kinerja pegawai, pensiun dan mutasi pegawai.

Selanjutnya, aplikasi e-learning, e-tata naskah, FAQ kepegawaian, scan QR code, sppd online, penanganan proses pelanggaran disiplin hingga sistem seleksi mutasi antar instansi.

Kepala Badan Kepegewaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM), Masykur Tarmizi, menjelaskan, seluruh aplikasi yang diluncurkan dilengkapi fitur yang mempermudah layanan kepegawaian. Untuk proses pembuatannya berlangsung hampir setahun dengan melibatkan tim IT, ASN dan konsultan IT di lingkungan BKP-SDM.

"Semua aplikasi ini dilengkapi fitur yang mempermudah layanan kepegawaian karena sistem kepegawaian kini sudah digital maka layanan kepegawaian juga harus beradaptasi agar lebih efisien. Denagn sistem kerja yang juga lebih efektif, apalagi layanan publik kini sudah beralih ke digital dan terintegrasi," kata Masykur Tarmizi.

Kepala Kantor Badan Kepegawaian Nasional Regional XII Pekanbaru, Margi Prayitno, mengapresiasi aplikasi yang diluncurkan pihak Pemerintah Kota Pekanbaru. Dia berharap semoga kedepan Pemko bisa lebih baik lagi dalam pengelolaan data kepegawaian.

"Kita berharap data kepegawaian pada badan kepegawaian di bawah BKN Regional XII sudah terintegrasi," tutupnya.(iky).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar