Spesialis Pembobol Konter Dibekuk, Satu Jam Gasak 518 HP dan Uang Rp 73 juta

MR (34) , pelaku spesialis pembobol konter HP.

PEKANBARU- Pelaku pencurian spesialis pembobol konter handphone akhirnya dibekuk unit reskrim Polsek Tampan, Senin (6/1). Dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan 16 unit handphone berbagai merek dan tipe. 

Kapolsek Tampan AKP Juper Lumban Toruan, saat memimpin ekspos mengatakan, pelaku beraksi sejak tahun 2017 lalu. 

" Pelaku membobol konter handphone yang ditingal pemiliknya saat malam hari. Pelaku juga residivis dengan kasus yang sama, baru keluar tahun 2016 lalu," kata Juper. 

Penangkapan dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan dari salah satu pemilik konter handpone GH Shop, di Jalan HR Soebrantas Panam.

Dari toko tersebut pelaku yang berinisial MR (34) berhasil mengambil sebanyak 518 unit handphone dan uang tunai Rp73 juta. Dari pengakuan pelaku, untuk menggasak seluruh isi toko dia hanya butuh waktu selama satu jam.

"Handphone itu dijual dikisaran Rp1,5 juta, dipasarkan juga lewat online. Dia beraksi berdua, yang satu lagi masih DPO," jelas Juper. 

Juper mengatakan, pelaku beraksi sudah di empat toko sejak tiga tahun terakhir. Dan rata-rata beraksi di toko handphone besar. Mereka hanya memerlukan obeng dan kunci yang sudah dimodifikasi untuk membongkar toko saat dimalam hari. 

"Hanya 16 unit handphone yang berhasil kita amankan. Selebihnya sudah mereka jual. Kita kenakan pasal 363, dengan ancaman kurungan 9 tahun penjara," tutupnya.(iky).
 


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar