Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, Kesbangpol Pekanbaru Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Mahasiswa

Kesbangpol Pekanbaru Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Mahasiswa

PEKANBARU- Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, masih terus melanjutkan kegiatan sosialisasi pendidikan etika dan budaya politik menuju Pemilihan Umum 2024.

Setelah merangkul berbagai kalangan, kali ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula, OPD tersebut kembali menggelar kegiatan sosialisasi pendidikan politik bagi mahasiswa di salah satu hotel di Pekanbaru, Selasa,(23/7).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, dalam kata sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi yang diadakan merupakan upaya dalam meningkatkan peran mahasiswa sebagai agent of change.

"Peran mahasiswa agen perubahan dengan situasi pemilu adek adek ini memiliki peran, di tengah tengah masyarakat masih dipercaya masyarakat bisa jadi penyambung lidah kita, KPU dan Bawaslu," kata Indra Pomi.

Kedepan, mahasiswa harus mampu memilih pemimpin yang dilihat dari track record lima tahun ke depan.

"Bahwa Pilkada yang akan kita lakukan 2024 sangat strategis akan memilih kepemimpinan lima tahun ke depan,"

Selain itu upaya untuk meningkatkan partisipasi, Sekdako juga memberikan edukasi politik kepada pemilih pemula

" Peran pemilih pemula sangat besar dalam menentukan nasib bangsa ke depan,"ucapnya.

Dia menilai pemilih pemula saat ini memiliki angka DPT yang sangat tinggi, karena itu sangat penting mendapatkan sosialisasi politik.

"Kami kira peran dari adek-adek pemilih pemula itu sangat besar, karena generasi Z ini dari sisi data kependudukan kita cukup banyak, lebih kurang 25 hingga 30 persen pemilih besok ini adalah adek-adek pemula," ujar Indra Pomi Nasution.

Dengan banyaknya jumlah pemilih pemula, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Kesbangpol, perlu memberikan pendidikan politik.

“Kita perlu memberikan pendidikan pendahuluan bagi mereka, betapa pentingnya peran serta adek-adek di dalam dunia politik atau peran serta adek-adek didalam memberikan suaranya dalam rangka menentukan pemimpin di daerah ini maupun untuk masa depan," jelasnya.

Selain itu dikatakan, pemilih pemula menjadi indikator indeks demokrasi di kota Pekanbaru, baik untuk saat ini ataupun masa depan.

Kegiatan sosialisasi dan pendidikan politik bagi seluruh pemilih itu juga dihadiri oleh pihak Kesbangpol Kota Pekanbaru.

Sosialisasi ini mencapai ke semua lini, di antaranya tokoh perempuan, mahasiswa, maupun RT RW di setiap kecamatan.

Plt Kesbangpol Kota Pekanbaru, Mirwansyah Siregar, mengatakan, kegiatan yang dilakukan itu merupakan bentuk peningkatan wawasan politik kebangsaan dalam rangka menyambut Pilkada yang akan datang.

"Semoga kegiatan ini para calon pemilih bisa memahami dan meningkatkan wawasan dalam rangka menyambut Pilkada serentak 27 November mendatang," katanya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar